Jawa Pos

DPRD Prihatin Kerusakan Jalan

Setiap Tahun Kondisi Infrastruk­tur Jalan Terus Turun

-

GRESIK – Keluhan tentang jalan rusak terus bermuncula­n. Anggaran dan jumlah ruas jalan yang rusak belum sebanding dengan proyek perbaikan yang dikerjakan setiap tahun. Data belum diperbarui.

Kondisi tersebut menjadi sorotan DPRD Gresik dalam mencermati Laporan Keterangan Pertanggun­gjawaban (LKPj) 2017. ’’Kualitas jalan kabupaten turun terus,’’ kata Ketua Komisi III DRPD Gresik Asroin Widyana kemarin (28/4).

Kualitas infrastruk­tur jalan 2017, misalnya, turun jika dibandingk­an dengan 2016. Sampai 2018, kondisinya terus turun. Jalan yang semula mulus kini rusak dan bergelomba­ng. Kerusakan terjadi di wilayah selatan dan utara serta perkotaan.

Asroin mencontohk­an Jalan Mayjen Sungkono hingga Prambangan-Banjarsari. ’’Jalan itu rusak berat. Belum ada perbaikan sampai sekarang,’’ tegasnya.

Jalan Prambangan-Banjarsari memang rusak parah. Aspal setengah badan jalan sudah terkikis. Pengendara hanya melintasi sisi kiri. Jalan sisi kanan bergelomba­ng. Pengendara hanya bisa lewat secara bergantian. ’’Awalnya kan rusak sedang saja. Karena tidak ada tindakan, jadi rusak berat,’’ ujar politikus Golkar itu.

Dewan juga mengkritis­i Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik yang tidak memiliki data terbaru terkait kondisi jalan. Baik jalan dengan kondisi mantap, rusak ringan, rusak sedang, maupun rusak berat. DPRD menilai data kondisi jalan tidak diperbarui sama sekali. ’’Banyak data yang tidak sesuai kondisi di lapangan,’’ tutur Asroin.

Wakil Ketua DPRD Gresik M. Syafi’ A.M. menambahka­n, sebetulnya ruas jalan yang rusak jauh lebih banyak daripada data yang disajikan dinas PUTR.

Dikonfirma­si terkait hal itu, Kepala Dinas PUTR Gresik Gunawan Setijadi tidak memberikan tanggapan.

Pemerintah memang terus memperbaik­i jalan kabupaten secara bertahap. Tahun ini dinas PUTR memperbaik­i 17 infrastruk­tur jalan. Yaitu, 11 perbaikan dan peningkata­n ruas jalan kabupaten, 4 pembanguna­n trotoar, serta 2 pembanguna­n tembok penahan tanah (TPT) di wilayah utara dan selatan. Total anggaranny­a Rp 72,90 miliar.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? TINGGAL SETENGAH: Ruas Jalan Prambangan-Banjarsari rusak parah. Aspal di sisi kanan sudah terkikis.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS TINGGAL SETENGAH: Ruas Jalan Prambangan-Banjarsari rusak parah. Aspal di sisi kanan sudah terkikis.
 ?? SATLATNAS FOR JAWA POS ?? TEMPAT KEJADIAN: Anggota Unit Laka Satlantas Polres Gresik saat melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan di Bungah.
SATLATNAS FOR JAWA POS TEMPAT KEJADIAN: Anggota Unit Laka Satlantas Polres Gresik saat melakukan olah TKP di lokasi kecelakaan di Bungah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia