Jawa Pos

Temukan Granat dan Dua Amunisi Karatan

-

SURABAYA – Warga Mulyorejo RW 3, RT 5, geger kemarin (28/4). Kegegeran tersebut terjadi setelah adanya penemuan benda yang ditengarai granat. Benda tersebut berada di pinggir Jalan Dharmahusa­da Indah Utara XIV. Penemuan itu bermula ketika warga bernama Samsul Imam dan beberapa orang mengangkut tanah untuk menguruk lahan milik saudaranya. ’’Setelah semua karung dipindahka­n, saya membersihk­an batu yang berceceran,’’ ujarnya.

Saat itu dia menemukan benda aneh. Separo bagian tertanam di tanah. Samsul pun sedikit kesulitan saat hendak mengangkat­nya. Merasa curiga, dia lantas menunjukka­nnya kepada beberapa kawan di lokasi. Ciri barang tersebut terbuat dari bahan logam yang sudah berkarat. Panjangnya sekitar 20 cm dan diameterny­a 8 cm. Bentuknya bulat lonjong dan memiliki tekstur. Warnanya hitam serta bercampur tanah.

Lantaran khawatir, beberapa warga yang melihat barang tersebut langsung melapor ke Polsek Mulyorejo dan Kodim Surabaya Timur. ’’Sempat saya angkat dari tempatnya. Tetapi, setelah petugas datang dan mencurigai itu granat, saya kembalikan ke tempat semula,’’ lanjutnya.

Penemuan granat tersebut, tampaknya, bukan yang pertama. Berdasar pengalaman itu, masyarakat semakin waspada terhadap benda asing yang ditemukan. ’’Kalau dibandingk­an yang dulu, ini ukurannya lebih kecil,’’ papar Santoso, saksi lainnya.

Penemuan itu pun jadi bahan tontonan warga sekitar. Garis polisi dipasang agar penduduk, terutama anak-anak, tidak mendekati lokasi penemuan. Penjagaan dilangsung­kan hingga Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jatim datang pukul 14.45 untuk melakukan evakuasi. ’’Setelah kami evakuasi, ditemukan sebuah granat tangan zaman Belanda,’’ papar Iptu Irawan R.

Namun, untuk aktif tidaknya granat tersebut, Irawan belum bisa memastikan. Setelah melakukan evakuasi, tim menyisir sekitar lokasi. Dari penyisiran tersebut, ditemukan dua amunisi yang sudah berkarat.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? BENDA BERBAHAYA: Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jatim mengevakua­si granat peninggala­n Belanda yang ditemukan warga di kawasan Dharmahusa­da Indah Utara XIV kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS BENDA BERBAHAYA: Tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda Jatim mengevakua­si granat peninggala­n Belanda yang ditemukan warga di kawasan Dharmahusa­da Indah Utara XIV kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia