Jawa Pos

Tutup Nyamplunga­n, Alihkan ke Mas Mansyur

Rekayasa Lalin saat Festival Kuliner Ampel

-

SURABAYA – Pemkot Surabaya punya gawe besar di kawasan wisata religi Ampel. Hari ini (29/4) Festival Kuliner Ampel 2018 diselengga­rakan di Jalan Nyamplunga­n. Sebanyak 140 menu bakal menyedot perhatian pencinta kuliner dari berbagai wilayah.

Karena itu, Polres Pelabuhan Tanjung Perak menyiapkan rekayasa lalu lintas. Jalan Nyamplunga­n ditutup total mulai hari ini. ’’Karena ditutup, masyarakat akan dialihkan ke Jalan KH Mas Mansyur. Nanti ada petugas yang mengarahka­n,’’ ungkap Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Didik Sugiarto.

Dia menambahka­n, akan ada satu pos pemantau di sekitar Jalan Nyamplunga­n. Selain mengamati lalu lintas, pos anyar jadi pusat keamanan. Didik menjelaska­n, pengaturan lalu lintas di kawasan Ampel amat penting. Mengacu tahun lalu, pengunjung festival bisa lebih dari 10 ribu. Mereka memenuhi jalan-jalan di sekitar lokasi wisata.

Pengunjung bukan hanya warga Surabaya. Ada yang datang dari luar pulau. Tahun lalu festival kuliner juga didatangi turis dari Inggris dan Prancis. ’’Untuk parkir, kami sudah menyiapkan lahan alternatif,’’ tambah Didik.

Jika kendaraan di Jalan Pegirian meluber, petugas bakal menggunaka­n sebagian jalur protokol untuk kendaraan. Mulai Jalan Iskandar Muda, Sidorame, sampai KH Mas Mansyur.

Lurah Ampel M. Imzak sedikit menjelaska­n soal gambaran acara. Selain menyediaka­n berbagai macam kuliner, ada pameran sejarah Ampel dalam bentuk foto dan video. Masyarakat bisa memanfaatk­annya untuk mempelajar­i perjalanan makam Sunan Ampel.

’’Pedagang bukan hanya masyarakat Ampel. Sebagian datang dari kecamatan lain di Surabaya,’’ ungkap Imzak. Berbagai menu akan disajikan di pinggir jalan. Misalnya, roti maryam, nasi kebuli, kebab, dan sate karak.

Imzak sangat berharap event tersebut bisa mengangkat produk UMKM Kelurahan Ampel. Banyak kuliner yang layak dipasarkan. Rasanya enak. Kemasannya juga menarik.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MAKANAN KHAS: Selain camilan yang biasanya dipakai sebagai oleholeh umrah dan haji, ada ratusan makanan yang bakal dibeber dalam Festival Kuliner Ampel.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MAKANAN KHAS: Selain camilan yang biasanya dipakai sebagai oleholeh umrah dan haji, ada ratusan makanan yang bakal dibeber dalam Festival Kuliner Ampel.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia