Jawa Pos

Ajari Rawat Gigi sejak Dini

-

SURABAYA – Naufal Christian Ardiyansya­h terlihat cukup tenang saat giginya diperiksa beberapa dokter muda dari Fakultas Kedokteran Gigi Unair di BG Junction Mal kemarin (28/4). Padahal, dia sebelumnya sempat digoda dan didorong-dorong temannya karena tidak kunjung duduk di kursi periksa meski gilirannya tiba.

’’Iya, sempat takut dan degdegan,’’ papar bocah kelas IV SD tersebut. Dia mengatakan takut giginya harus dilepas saat diperiksa. Padahal, pemeriksaa­n dalam event Dokter Cilik tersebut hanya meliputi pemeriksaa­n dasar.

’’Pemeriksaa­n yang kami lakukan hanya seperti susunan gigi, lalu gigi yang belum tumbuh, dan gigi yang berlubang,’’ papar Yantia Hariesta Purnomo, salah seorang dokter muda yang melakukan pemeriksaa­n. Namun, jika memang ada gigi yang seharusnya butuh perawatan lebih, dia dan teman-temannya pasti memberikan saran.

Sebelum pemeriksaa­n gigi dimulai, Yanita memberikan edukasi kepada anak-anak tersebut tentang cara merawat gigi yang benar. Misalnya, cara menyikat gigi yang benar, makanan apa yang baik untuk gigi, dan kapan harus pergi ke dokter gigi.

’’Tujuan kami memang mengedukas­i masyarakat tentang perawatan gigi, khususnya adikadik yang masih duduk di bangku SD,’’ papar perempuan 22 tahun tersebut. Dengan adanya edukasi dan pemeriksaa­n gratis seperti itu, jika ada gigi yang bermasalah, dia berharap bisa diketahui lebih awal. ’’Kan kalau sudah parah baru dibawa ke dokter gigi juga kasihan,’’ ucapnya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? BUKA MULUT, YUK: Naufal Christian Ardiyansya­h membuka mulutnya lebar-lebar saat diperiksa di BG Junction Mal.
MARIYAMA DINA/JAWA POS BUKA MULUT, YUK: Naufal Christian Ardiyansya­h membuka mulutnya lebar-lebar saat diperiksa di BG Junction Mal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia