Jawa Pos

Sebarkan Virus Cinta Indonesia kepada Anak

-

SURABAYA – Pendidikan cinta tanah air harus dimulai sejak dini. Salah satunya dengan mencintai produk dan kebudayaan Indonesia. Untuk itu, Gerakan Belanja Produk Indonesia (Gerbapi) mengadakan deklarasi 1.000 anak cinta Indonesia di Exhibition Hall Grand City Mall kemarin (28/4).

Pesertanya adalah anak-anak dari pos pendidikan anak usia dini (PAUD) terpadu. Mereka berasal dari tiga kecamatan, yakni Wonocolo, Tegalsari, dan Sukomanung­gal. ”Kurang lebih seribu anak usia 2–4 tahun kami undang untuk mengikuti deklarasi,” ujar Willy Filosofia, humas Gerbapi.

Hadir dalam acara tersebut, anggota DPD RI Ahmad Nawardi dan Kapolresta­bes Kombespol Rudi Setiawan. Agenda dimulai dengan penyampaia­n empat pilar kebangsaan oleh Nawardi. Namun, dia hanya memberikan materi yang ringan. Sebab, Nawardi menyadari pesertanya didominasi anak-anak.

”Siapa nama presiden Indonesia saat ini?” tanya Nawardi kepada anak-anak. Banyak yang mengetahui­nya dengan menjawab Jokowi (Joko Widodo). Namun, timbul gelak tawa ketika Nawardi menanyakan nama wakil presiden Indonesia saat ini dan nama presiden pertama Indonesia. Mayoritas anak-anak masih menjawab Jokowi.

Kemudian, acara dilanjutka­n dengan tarian ekspresi. Seluruh anak membawa dua bendera plastik dan menirukan gerakan seorang pemandu. Nawardi dan Rudi turut bergoyang bersama anak-anak.

Acara puncaknya adalah pengucapan deklarasi. Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Nawardi dan Rudi. Kata-katanya cukup sederhana. Yakni, mengucapka­n ’’Aku Cinta Indonesia” secara serempak. Dilanjutka­n pembubuhan cap telapak tangan pada sebuah kain putih sepanjang sepuluh meter.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? CINTA TANAH AIR: Ratusan bocah PAUD berkumpul dalam deklarasi Aku Cinta Indonesia di Grand City kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS CINTA TANAH AIR: Ratusan bocah PAUD berkumpul dalam deklarasi Aku Cinta Indonesia di Grand City kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia