Jawa Pos

Jumlah Peserta Menurun daripada Tahun Lalu

-

SIDOARJO – Senyum tersunggin­g ketika Harijono keluar dari ruang ujian. Dia tercatat sebagai peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) paket C yang tertua. ’’Lega sudah selesai,’’ katanya ketika ditemui di SMK Antartika 2 Sidoarjo kemarin (28/4). ’’Soal matematika­nya sulit-sulit. Tapi, saya isi semua,’’ lanjut pria 58 tahun itu.

Bagi Harijono, mengikuti ujian kali ini saja membuat dirinya senang dan bangga. Sebab, dia bisa mencapai target seperti kebanyakan orang. ”Nggak tahu buat apa ijazahnya. Yang penting, bisa mengikuti perkembang­an saja,” ujar kakek tiga cucu tersebut. Dia juga ingin menguji kemampuann­ya di bidang akademik. ”Saya juga komite di SDN Tanjungsar­i 2. Biasanya belajar dari sana. Dengan mengikuti ujian ini, saya tahu hasil belajar selama ini,” tutur pengusaha bengkel itu.

Selain Harijono, ada 110 peserta lainnya yang ikut UNBK paket C di SMK Antartika 2. Rata-rata, usianya lebih dari 20 tahun. ”Usia 25-an yang paling banyak,” ungkap Murti Indriyani, staf Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo yang kemarin mengawasi ujian di sana.

Total, ada 652 peserta UNBK paket C di Sidoarjo tahun ini. ”Rata-rata sudah kerja. Dulu sempat putus sekolah karena harus bekerja,” kata Murti. Jumlah tersebut terbilang menurun daripada tahun lalu. ”Tahun lalu seribuan,” imbuhnya.

Mereka berasal dari 16 lembaga di Sidoarjo. Baik dari pondok pesantren maupun pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Mereka ikut UNBK paket C di beberapa PKBM dan sekolah di Sidoarjo. Antara lain, SMK Antartika 2 Sidoarjo, SMK Sumber Ilmu Tulangan, SMP Aditama Waru, SMAN 1 Wonoayu, PKBM Pelita Tarik, dan PKBM Al Hikmah Sukodono.

Tahun ini UNBK paket C hanya digelar satu gelombang. Yakni, dari 27 April hingga 30 April. Tidak ada gelombang kedua seperti tahun sebelumnya. ”Tahun lalu kan akhir tahun ada gelombang kedua. Tahun ini, informasi sementara, tidak ada,” ujarnya. Secara teknis, pelaksanaa­n UNBK paket C di Sidoarjo lancar. Server terkoneksi dengan baik. Tidak ada yang molor.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? INGIN LULUS SMA: Peserta UNBK Paket C mengerjaka­n soal di SMK Antartika 2 Sidoarjo kemarin
FIRMA ZUHDI/JAWA POS INGIN LULUS SMA: Peserta UNBK Paket C mengerjaka­n soal di SMK Antartika 2 Sidoarjo kemarin

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia