Jawa Pos

Tingkatkan Kemampuan dan Pelayanan

RS Mata Undaan di Usia Ke-85 Tahun

-

PERAYAAN HUT ke-85 RS Mata Undaan (RSMU) diawali dengan dengan bakti sosial dan edukasi kesehatan mata di Lamongan. Ketua Panitia HUT ke-85 RSMU dr Dewi Rosarina SpM menyampaik­an bahwa bakti sosial tersebut merupakan salah satu wujud keberadaan RSMU bagi masyarakat.

Direktur RSMU dr Sudjarno SpM menyampaik­an bahwa sejak berdiri pada 1933, RSMU telah meraih banyak pencapaian. Berbagai pelayanan telah ditingkatk­an secara paripurna. Aspek mutu menjadi fokus. Pada 2013, RSMU menjadi rumah sakit ke-3 di Jawa Timur dan pertama di Indonesia untuk rumah sakit khusus mata yang terakredit­asi paripurna dengan standar terbaru.

Saat ini, RSMU membangun gedung lima lantai untuk meningkatk­an kemampuan dan kenyamanan pelayanan. Perbaikan sistem informasi menjadi perhatian untuk kecepatan dan kemudahan pasien mendapatka­n akses pelayanan. ’’Banyak pasien datang dari Jawa Timur bahkan Indonesia Timur, hingga Papua. Harapannya, kami mampu memperluas jangkauan pelayanan,” tukas dr Sudjarno.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Pelayanan Medis RSMU dr Ria Sylvia SpM menyampaik­an beberapa pelayanan unggulan. Di antaranya, vitreoreti­na, yaitu pelayanan untuk penderita yang kehilangan penglihata­n, misalnya akibat diabetes.

Ada juga bagian bedah katarak dan refraksi RSMU yang telah melayani kasus cangkok kornea dan koreksi penglihata­n dengan lasik. Khusus pada pelayanan lasik, saat ini telah menggunaka­n high definition sehingga koreksi penglihata­n menjadi lebih akurat.

Pada penderita glaukoma, pemasangan implan di kasus glukoma yang sulit terkontrol, telah dapat dilakukan. ’’Yang ingin kami tekankan pada masyarakat adalah kesadaran melakukan medical checkup mata untuk mendeteksi lebih dini adanya kelainan di mata yang berpotensi menimbulka­n kebutaan,” ujar dr Ria.

Di bagian paediatric optalmolog­y, strabismus, dan low vision centre dihadirkan untuk meningkatk­an kemampuan penglihata­n pada mereka yang memiliki keterbatas­an, utamanya anak-anak. Hal ini dapat dilakukan pula pada penderita penurunan penglihata­n karena kelainan bawaan dan usia lanjut.

Pada pasien dengan masalah estetika, baik akibat kecelakaan, cacat bawaan maupun paska operasi tumor sudah dikembangk­an oleh bidang rekonstruk­si okuloplast­y RSMU. ’’Pelayanan imunologi, infeksi serta laser centre, akan semakin kami tingkatkan, untuk memenuhi visi kami, menjadi rumah sakit mata pilihan utama masyarakat dalam pelayanan kesehatan,” tukas dr Ria mengakhiri percakapan.

 ?? RS MATA UNDAAN FOR JAWA POS ?? RAIH BANYAK CAPAIAN: RSMU membangun gedung lima lantai untuk meningkatk­an pelayanan dan kenyamanan bagi pasien.
RS MATA UNDAAN FOR JAWA POS RAIH BANYAK CAPAIAN: RSMU membangun gedung lima lantai untuk meningkatk­an pelayanan dan kenyamanan bagi pasien.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia