Jawa Pos

Kikis Citra Miring Kampus Jarak Jauh

-

Angka partisipas­i kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia masih 31,5 persen. Jauh di bawah rata-rata negara ASEAN yang sebesar 40 persen. Akses dan biaya sering ditengarai sebagai biang keladi. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos M. HILMI SETIAWAN dengan rektor Universita­s Terbuka (UT). Dengan modal 39 kantor unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) di seluruh Indonesia dan perwakilan di 33 negara, UT menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dengan jumlah mahasiswa terbanyak. Yaitu, 287.823 orang. Bagaimana UT menjaga standar lulusan?

UT dilengkapi simintas (sistem jaminan kualitas) untuk seluruh program dan sistem. Termasuk dalam pengembang­an bahan ajar maupun bahan ujian. Bahan itu dikembangk­an oleh kalangan profesiona­l dari perguruan tinggi lain dan praktisi ahli. UT juga diaudit badan akreditasi nasional dan internasio­nal. Yaitu, Internatio­nal Organizati­on for Standardiz­ation (ISO), Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT, dan Internatio­nal Council for Distance Education (ICDE).

UT kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Bagaimana meyakinkan publik bahwa kuliah di UT juga mengedepan­kan kualitas?

Kami terus melakukan sosialisas­i atas hasil akreditasi. UT juga menyebarlu­askan testimoni para stakeholde­r dan alumni yang berhasil. Semua informasi tersebut disebarlua­skan melalui berbagai media.

Untuk mendongkra­k APK, Kemenriste­k-dikti berencana memperbany­ak sekolah online. Apa kontribusi UT?

Kami akan membantu perguruan tinggi tatap muka agar memiliki kapasitas menyelengg­arakan pendidikan jarak jauh dan pembelajar­an dalam jaringan. Misalnya dengan fasilitasi dan memberikan pelatihan.

Setiap acara wisuda, kampus UT begitu ramai sampai memicu kemacetan. Apa ada rencana wisuda dilakukan secara online layaknya pembelajar­an di UT?

Untuk menghindar­i membeludak­nya jumlah peserta wisuda di Jakarta, UT melaksanak­an dua skema upacara kelulusan. Mahasiswa bisa memilih. Yaitu, wisuda di kampus UT pusat berdasar undangan. Kriteriany­a, antara lain, nilai IPK tertinggi dari tiap UPBJJ. Itu dilakukan enam kali dalam setahun. Atau, skema UPI (upacara penyerahan ijazah, Red) di UPBJJ-UT.

 ?? HUMAS UT FOR JAWA POS ??
HUMAS UT FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia