Jawa Pos

Kembar Siam Asal Ternate Masuk NICU

-

SURABAYA – Kondisi bayi kembar siam dempet dada dan perut asal Ternate, Khalisa dan Khanisa, mulai membaik kemarin (29/4). Perjalanan udara selama 2,5 jam sempat membuat keduanya mengalami demam. Namun, setelah mereka dirawat, suhu tubuhnya kembali normal.

’’Kemarin (Sabtu, Red) setelah kami lakukan stabilisas­i langsung kami pindahkan dari instalasi rawat darurat,’’ ujar tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) dokter Agus Harianto SpA (K).

Mereka langsung dibawa ke Ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo. Keduanya menyusul kembar siam dempet dada dan perut asal Lamongan, Anindita dan Anindia, yang lebih dulu menghuni ruangan tersebut.

Secara umum, kondisi Khalisa cukup baik. Tidak ada alat bantu pernapasan yang terpasang di hidungnya. Asupan yang masuk ke tubuhnya pun sudah kembali seperti semula. Yakni, delapan kali sehari 60 cc. Dia juga bisa minum dengan menggunaka­n dot tanpa alat bantu lainnya.

’’Kalau Khanisa, ada payah jantung. Jadi, pernapasan­nya dibantu ventilator,” ucapnya. Asupan yang masuk ke tubuhnya delapan kali sehari 10 cc.

Rencananya, tim PPKST melakukan rapat untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan.

 ?? DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS ?? TUNGGU USIA TIGA BULAN: Khalisa dan Khanisa dirawat di Ruang NICU GBPT RSUD dr Soetomo kemarin.
DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS TUNGGU USIA TIGA BULAN: Khalisa dan Khanisa dirawat di Ruang NICU GBPT RSUD dr Soetomo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia