Jawa Pos

Pondok Pesantren Perlu Lebih Diapresias­i

-

KENDAL – Pertemuan calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah dengan sejumlah kiai Nahdlatul Ulama makin intens. Setelah bertemu dengan Rais Am PB NU KH Ma’ruf Amin pekan lalu, kali ini Ida berkunjung ke Ponpes Al Fadlu wal Fadhilah, Kaliwungu, Kendal. Dia sowan kepada pengasuh ponpes KH Dimyati Rois.

Dalam pertemuan yang berlangsun­g Senin itu (30/4), Ida menyatakan bahwa silaturahm­i dengan kiai dan santri meringanka­n bebannya. Mantan ketua umum Fatayat NU tersebut menerangka­n, tantangan dirinya bersama Sudirman Said dalam pilgub Jateng tak mudah. ”Namun, dengan bertemu para kiai maupun santri, menjadi ringan,” ujar Ida dalam keterangan persnya kemarin (1/5).

Dia juga membicarak­an banyak hal dengan KH Dimyati Rois sebelum acara berlangsun­g. Mulai agendanya selama masa kampanye hingga pembicaraa­n tentang keluarga. Ketua Lembaga Ketahanan Keluarga (LKK) PB NU itu menambahka­n, Jawa Tengah memiliki tantangan tersendiri. ”Jawa Tengah ini basisnya pesantren, madrasah diniyah (madin), TPQ. Namun, dengan basis yang kuat ini, tidak dikenal sebagai provinsi santri,” katanya.

Ida menyebutka­n, jumlah ponpes di Jateng hampir mencapai 6.000 dengan total santri sekitar 1 juta. Sementara itu, jumlah madin sekitar 12 ribu. ”Selama ini dibiarkan saja bekerja mencerdask­an anak-anak, tapi tak mendapat apresiasi atau perhatian dari pemerintah,” tutur dia. Padahal, menurut Ida, meningkatk­an kualitas sumber daya manusia (SDM) sangatlah penting. Dengan jumlah yang ada, SDM ponpes bisa dimanfaatk­an untuk menambah kualitas di Jateng. ”Karena dengan SDM yang mumpuni, pembanguna­n akan semakin maksimal,” tegasnya.

Sementara itu, KH Dimyati Rois dalam ceramahnya mendoakan Ida terpilih sebagai wakil gubernur Jateng, mendamping­i Sudirman Said. ”Semua itu karena Allah. Semoga karena Allah, Bu Ida ini jadi wakil gubernur,” ujarnya, diamini para santri Ponpes Al Fadlu wal Fadhilah.

 ?? TIM PEMENANGAN SUDIRMAN-IDA FOR JAWA POS ?? MINTA DIDOAKAN: Ida Fauziyah bersama KH Dimyati Rois di Ponpes Al Fadlu wal Fadhilah, Kaliwungu, Kendal.
TIM PEMENANGAN SUDIRMAN-IDA FOR JAWA POS MINTA DIDOAKAN: Ida Fauziyah bersama KH Dimyati Rois di Ponpes Al Fadlu wal Fadhilah, Kaliwungu, Kendal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia