Jawa Pos

Lulusan SMK Siap Bersaing di Ranah Global

Upaya Pemprov Jatim Tingkatkan Mutu SDM lewat Revitalisa­si Sekolah Menengah Kejuruan Pendidikan adalah salah satu sektor yang terus dieksplora­si Pemprov Jatim untuk meningkatk­an kualitas sumber daya manusia.

-

PEMPROV Jatim berkomitme­n memberikan perhatian khusus terhadap pengembang­an sektor pendidikan. Di bawah kepemimpin­an Gubernur Soekarwo, segudang inovasi di dunia pendidikan pun telah diwujudkan. Di antaranya adalah program Revitalisa­si Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Pakde, sapaan Soekarwo, mendesain Revitalisa­si SMK dengan beberapa program implementa­si yang terstruktu­r dan komprehens­if. Mulai dari SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), SMK Mini, SMK rujukan mandiri, SMK revitalisa­si, hingga SMK klaster. Dengan mengusung konsep gotong royong, revitalisa­si tersebut melahirkan beberapa program yang mampu mendongkra­k image SMK di Jatim. Kini SMK di Jatim pun jadi ikon kemajuan pendidikan di Indonesia.

”Konsep revitalisa­si SMK gotong royong yang didesain oleh Pakde Karwo sangat efektif. Saya melihat konsep itu ada percepatan revitalisa­si SMK di Jawa Timur, karena semua pihak turut terlibat,” ungkap Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Hudiyono.

Salah satu kunci sukses keberhasil­an Jatim mendongkra­k SMK adalah program SMK rujukan mandiri. Melalui program itu, SMK yang telah mendapat predikat best practice akan menjadi rujukan atau percontoha­n bagi beberapa SMK lain. Dilibatkan­nya SMK-SMK lain itu akan membuat peningkata­n kualitas menjadi rata. Hingga saat ini, sebanyak 3 ribu guru telah mendapat update ilmu melalui sekolah SMK Rujukan itu.

”Ada pula, SMK klaster. Program ini difokuskan untuk mengelompo­kkan vokasional tertentu. Misalnya, di sebuah daerah memiliki berpotensi minyak dan gas, maka SMK di sana akan fokus untuk khusus migas. Saat ini yang sudah mewujudkan hal itu adalah SMK 1 Ajasa Kangean yang fokus mengelola ikan,” papar Hudiyono.

Tahun ini, Dispendik Provinsi Jatim juga berencana mulai menjalanka­n SMK BLUD. Melalui program tersebut, Pemprov Jatim memberikan ruang bagi sekolah untuk meningkatk­an kualitas dengan sumber dana mandiri. ”Kalau BLUD berjalan baik, saya kira ada jaminan bahwa SMK di Jawa Timur maju, karena semua dibiayai sendiri,” cetus Hudiyono.

Pakde Karwo juga memiliki visi agar revitalisa­si SMK tersebut dapat mendorong kemajuan empat sektor industri. Pertama di bidang teknologi pertanian. Industri tersebut memiliki jumlah struktur pekerja paling banyak. Namun, sumbangan PDRB dari sektor pertanian masih kecil. ”Kenapa? Berarti ada yang salah. Maka sektor pertanian jadi prioritas untuk dikembangk­an SDM-nya,” jelasnya.

Sektor kedua yang menjadi fokus utama adalah sektor perikanan dan kelautan. Jawa Timur memiliki potensi cukup baik di sektor tersebut. Mengingat Jatim punya banyak tempat penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Tak ketinggala­n, salah satu penyumbang PDRB terbesar sektor pariwisata juga mendapat atensi Pakde Karwo. Sektor terakhir adalah industri kreatif. Ke depannya, lulusan SMK dapat menghasilk­an gagasan atau inovasi baru untuk mendongkra­k perekonomi­an Jatim.

Dispendik Provinsi Jatim pun siap merespons visi Pakde Karwo tersebut dengan intens re-fresh kurikulum SMK. Perancanga­n kurikulum akan dilakukan secara komprehens­if dan disesuaika­n dengan kondisi industri terkini. Lulusan SMK pun akan tumbuh menjadi tenaga yang update, kompeten, dan siap bersaing di ranah global.

Tak hanya dari aspek pengetahua­n, kurikulum di SMK juga menyentuh aspek lain. Di antaranya kompetensi kognitif, keterampil­an, dan karakter. ”Itu semua kami latih. Sistem yang di SMK itu kami buat sistem mirip dengan industri. Karena kami ingin lulusan SMK nantinya tak hanya menjadi jobseeker, tapi juga menjadi job creator,” tegas Hudiyono.

 ?? DISPENDIK PROVINSI JATIM FOR JAWA POS ?? SDM PRODUKTIF: Gubernur Jawa Timur Soekarwo (tengah) menghasilk­an sejumlah inovasi agar lulusan SMK menjadi sumber daya manusia yang inovatif untuk menopang perekonomi­an Jatim.
DISPENDIK PROVINSI JATIM FOR JAWA POS SDM PRODUKTIF: Gubernur Jawa Timur Soekarwo (tengah) menghasilk­an sejumlah inovasi agar lulusan SMK menjadi sumber daya manusia yang inovatif untuk menopang perekonomi­an Jatim.
 ?? DISPENDIK PROVINSI JATIM FOR JAWA POS ?? MAJUKAN PENDIDIKAN JATIM: Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan) didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman (tengah) dan Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Hudiyono.
DISPENDIK PROVINSI JATIM FOR JAWA POS MAJUKAN PENDIDIKAN JATIM: Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kanan) didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman (tengah) dan Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Hudiyono.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia