Jawa Pos

Dikecam lantaran Cheongsam

-

UTAH – Niat Keziah untuk membuat teman-temannya terkesan dengan memakai gaun tradisiona­l Tiongkok dalam pesta dansa berbuah kecaman. Gadis 18 tahun itu panen caci maki dari para pengguna internet setelah mengunggah fotonya dalam balutan cheongsam alias qipao merah di Twitter. Dia dianggap menghina etnis Tionghoa dan tidak peka budaya.

”Qipao (cheongsam) adalah gaun tradisiona­l yang longgar dan biasa dipakai ibu-ibu rumah tangga di Tiongkok saat melakukan pekerjaan sehari-hari,” kata seorang pengguna Twitter dengan nama akun Jeremy Lam sebagaiman­a dilansir Channel News Asia kemarin (1/5). Dia menambahka­n, cheongsam tidak pernah dibuat pas badan atau ngepres sebagaiman­a yang dikenakan Keziah dalam pesta dansa. Karena itu, Lam protes.

Seiring berjalanny­a waktu, cheongsam sebenarnya berkembang menjadi gaun yang cantik dan biasa dipakai dalam acara-acara publik. Bentuknya pun tidak lagi longgar. Ada juga yang pas badan. Namun, penggunany­a rata-rata warga Tiongkok atau yang tengah menghadiri acara resmi atau perayaan yang berbau Negeri Panda.

 ?? CHIS/JAWA POS ??
CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia