Jawa Pos

Produktif Gol, Rajin Assist

Pemain Terbaik April

-

SURABAYA – Bermain lebih ke depan dan sering berganti posisi dengan Ilija Spasojevic membuat produktivi­tas Stefano Lilipaly bersama Bali United meningkat tajam. Selama April sejak pekan ketiga Liga 1, dalam empat laga, dia mencatatka­n 2 gol, 2 assist, dan 6 umpan kunci.

Itu belum termasuk hitungan performany­a membela Bali United di AFC Cup. Musim ini tercatat dia telah menyarangk­an tiga gol untuk klub berjuluk Serdadu Tridatu itu. Karena itulah, Jawa Pos bersama penyedia data statistik, Statoskop, menjadikan Lilipaly sebagai pemain terbaik April.

Pemain yang mengawali karir sepak bola di klub Belanda FC Utrecht itu sejatinya bersaing ketat dengan gelandang Persipura Jayapura Ian Kabes dan winger Persija Jakarta Riko Simanjunta­k. Bahkan, dari posisi tim di klasemen sementara, sejatinya Kabes lebih unggul.

Ya, saat ini Persipura berada di puncak klasemen sementara Liga 1, sedangkan Bali United di posisi ketujuh. Selisih poinnya memang tipis, hanya dua. Lalu, untuk Riko, Persija selama April hanya memainkan tiga pertanding­an Liga 1 karena satu laga melawan Persib Bandung ditunda.

Performa terbaik Lilipaly pada April terjadi ketika menang 2-0 atas Barito Putera di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (22/4). Ketika itu, tidak hanya mencetak satu gol pada menit ke-43, pemain yang disapa Fano tersebut juga mencatatka­n satu assist untuk gol Yandi Sofyan (90’).

Ketika melawan PS Tira di Stadion Sultan Agung, Bantul (30/4), Lilipaly juga mencetak satu gol. Tetapi, timnya kalah 1-2.

Menurut pelatih Bali United Widodo C. Putro, Lilipaly merupakan sosok pemain yang konsisten setiap pertanding­an. ’’Kalau bisa terus mempertaha­nkan itu, dia bisa menjadi lebih baik lagi,’’ jelasnya.

Widodo menjelaska­n, tekad Lilipaly sangat besar dalam bermain sepak bola. ’’Saat latihan, dia sangat fight. Kalau latihan bersungguh-sungguh, saat pertanding­an hal itu akan terlihat. Dia juga menjunjung tinggi hal itu. Jadi, dia benar-benar bisa menampilka­n permainan terbaiknya,’’ ucap Widodo.

Musim ini posisi Lilipaly juga digeser lebih ke depan ketimbang musim lalu sebagai gelandang serang dalam skema 4-3-3. Musim ini, baik saat Widodo menggunaka­n formasi 4-3-3 maupun 4-2-3-1, Lilipaly sering dimainkan sebagai sayap kanan. Tetapi, dia sering berganti posisi dengan Spaso saat permainan berjalan.

Kapten Bali United Fadil Sausu punya kesan tersendiri tentang Lilipaly. Menurut dia, dengan pengalaman yang dimilikiny­a, Lilipaly tidak pernah pelit berbagi dengan rekan setim. ’’Komunikasi antara semua anggota tim juga baik. Dia sudah merasa tim ini seperti satu keluarga,’’ ungkap pemain asal Palu, Sulawesi Tengah, itu.

Betapa berbahanya Lilipaly di lini serang Bali United dirasakan kiper Perseru Samuel Reimas ketika berhadapan pada 7 April lalu. Ketika itu, Samuel memang membantu Perseru imbang 1-1 dengan Bali United. Tetapi, dia bekerja sangat kerasdansa­atituLilip­alymelepas­kan tiga tembakan ke gawangnya. ’’Setiap dia bawa bola pasti berbahaya buat gawang lawan,’’

ujarnya.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? Dedik Setiawan Ferdinand Sinaga Greg Nwokolo Suhandi
ASSIST TERBANYAK BULAN INI
Riko Simanjunta­k (Persija) PEMAIN
Bayu Gatra Dendi Santoso Ian Kabes Stefano Lilipaly KLUB
Arema PSM Madura United PSMS KLUB Madura United Arema Persipura Bali...
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS Dedik Setiawan Ferdinand Sinaga Greg Nwokolo Suhandi ASSIST TERBANYAK BULAN INI Riko Simanjunta­k (Persija) PEMAIN Bayu Gatra Dendi Santoso Ian Kabes Stefano Lilipaly KLUB Arema PSM Madura United PSMS KLUB Madura United Arema Persipura Bali...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia