Jawa Pos

Hamilton Tuduh Vettel Langgar Aturan

-

BAKU – Drama dari balapan seri keempat Formula 1 2018 Grand Prix Azerbaijan belum usai. Kemarin pembalap Mercedes Lewis Hamilton secara terbuka mengatakan bahwa pembalap Ferrari Sebastian Vettel telah melanggar aturan safety car pada race di Sirkuit Jalanan Baku (29/4).

Pelanggara­n Vettel yang dimaksud Hamilton adalah pada restart pertama. Saat itu, safety car masuk sejak lap satu untuk mengamanka­n balapan setelah terjadi insiden yang melibatkan pembalap Williams Mercedes Sergey Sirotkin dan pembalap Force India Mercedes Esteban Ocon.

Nah, disebut Hamilton, saat itu Vettel yang memimpin lomba sengaja mengurangi kecepatan secara signifikan menjelang tikungan pertama tepat sebelum safety car masuk ke pit stop. Hamilton menyebut Vettel menempuh upaya tersebut untuk mencegah pembalap lain yang berada di belakang melakukan akselerasi. Hamilton merasa hal itu sangat berbahaya dan rawan terjadi tabrakan beruntun.

Race control sejatinya telah menyatakan akselerasi yang dilakukan Vettel itu masih dalam batas wajar. Namun, Hamilton bersikeras melakukan protes. Sang juara bertahan juga mengancam segera berbicara langsung kepada Race Director F1 Charlie Whiting. ’’Aturannya adalah, saat safety car menepi, kamu tidak boleh melakukan gerakan start, stop, start, stop,’’ ucap Hamilton dilansir Motorsport. ’’Kamu tidak boleh menginjak gas, lalu mengerem. Kamu tidak boleh menipu pembalap yang berada di belakangmu. Aturan itu dibuat karena secara natural hal tersebut sering dilakukan pembalap,’’ tambahnya.

Pada balapan itu, Hamilton secara beruntung menjadi kampiun karena rekan setimnya, Valtteri Bottas, mengalami pecah ban pada dua lap sebelum finis. Itu gelar juara pertamanya musim balap 2018. Dengan hasil tersebut, Hamilton memimpin klasemen pembalap dengan mengumpulk­an 70 poin.

Vettel berada di posisi kedua dengan meraih 66 poin. Balapan selanjutny­a adalah GP Spanyol yang berlangsun­g di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, 13 Mei.

 ??  ??
 ?? LUCA BRUNO/AP PHOTO ?? PENUH TRIK: Safety car berada di depan pembalap Ferrari Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton (Mercedes) pada GP Azerbaijan di Sirkuit Jalanan Baku (29/4).
LUCA BRUNO/AP PHOTO PENUH TRIK: Safety car berada di depan pembalap Ferrari Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton (Mercedes) pada GP Azerbaijan di Sirkuit Jalanan Baku (29/4).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia