Jawa Pos

Yakin Bisa Penuhi Target KB Pria

-

SURABAYA – Jumlah peserta keluarga berencana (KB) pria cenderung meningkat. Karena itu, pemkot optimistis bisa memenuhi target peserta baru (PB) KB pria tahun ini. Yang masih menjadi PR adalah metode operasi wanita (MOW) yang permintaan­nya tinggi, tapi pelayanann­ya masih terbatas.

Kepala Dinas Pengendali­an Penduduk, Pemberdaya­an Perempuan, dan Perlindung­an Anak (DP5A) Antiek Sugiharti menyebutka­n, kepesertaa­n metode operasi pria (MOP) atau KB pria memang naik. ’’Kami memang ditarget tiap tahun. Tapi, sampai saat ini tampaknya sudah terpenuhi,’’ terangnya.

Dalam sekali pelayanan MOP, kata Antiek, jumlah peserta bisa mencapai puluhan. ’’Terakhir ada 40 orang sekali pelayanan MOP,’’ lanjutnya.

Berdasar data Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), capaian Surabaya termasuk tinggi. Pada 2017 PB seluruh jenis KB di Surabaya mencapai 66,37 persen. Sebanyak 6,46 persen di antaranya adalah MOP. Target Surabaya sendiri 66.425 peserta baru. Pencapaian tersebut masih lebih tinggi daripada Jatim yang hanya 63,84 persen.

Sementara itu, untuk MOW, Antiek menjelaska­n bahwa minat warga sebetulnya tinggi. ’’Kami sudah bekerja sama dengan RS untuk MOW, tapi memang di beberapa RS tertentu saja,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia