Jawa Pos

Beragam Aktivitas Datangkan Warga

-

GRESIK – Inovasi diciptakan pihak perpustaka­an desa untuk meningkatk­an literasi warga. Desa Suci dan Tlogopatut, misalnya. Mereka melakukan beragam aktivitas untuk menarik minat masyarakat umum.

Kepala Perpustaka­an Rumah Pelangi Suci Nency Septriyana menyatakan, minat baca masyarakat minim. Karena itu, dia tidak langsung mengajak warga untuk datang membaca. Perpusdes sering mengadakan kegiatan. ’’Mulai ibu-ibu PKK yang mengadakan acara di Rumah Pelangi hingga mahasiswa,’’ jelasnya.

Untuk menjaga daftar kunjungan agar tetap ramai, Rumah Pelangi juga memfasilit­asi tiga komputer guna membaca buku secara online atau e-book. ’’Kalau anak-anak sekolah banyak yang ke sini,’’ ucap Nency.

Begitu juga dengan Perpusdes Cahaya Dunia milik Desa Tlogopatut. Kepala Perpustaka­an Desa Cahaya Dunia Maulidatul Aimanah mengatakan, perpustaka­an membuat berbagai kreasi agar tetap ramai. ’’Yang melakukan kegiatan di sini biasanya ibu rumah tangga, ibu-ibu PKK, remaja, hingga lansia,’’ ucap Maulida. ’’Adanya kegiatan di luar membaca juga merupakan proses agar orang mau berkunjung ke perpustaka­an,’’ paparnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWAPOS ?? MINAT BACA: Takiya dan Darin, siswa SD IT Al Ibroh, belajar bersama Fatimah di Rumah Pelangi.
GALIH WICAKSONO/JAWAPOS MINAT BACA: Takiya dan Darin, siswa SD IT Al Ibroh, belajar bersama Fatimah di Rumah Pelangi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia