Jawa Pos

10 Persen Soal USBN Adalah Penalaran

Hari Ini 20.447 Siswa SD Siap Hadapi Ujian

-

GRESIK – Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik terus memantapka­n persiapan pelaksanaa­n ujian sekolah berstandar nasional (USBN) SD/MI. Berlangsun­g Kamis hingga Sabtu (3–5/5), USBN diikuti 20.447 siswa dari 807 SD/MI. Mereka sudah siap.

Naskah soal USBN sudah terdistrib­usi ke 18 kecamatan. Baik sekolah-sekolah di wilayah Gresik maupun Pulau Bawean. Dispendik juga telah memastikan kesiapan siswa dalam menghadapi USBN. Terutama terkait dengan penguasaan materi soal.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendik Gresik Nur Maslichah menjelaska­n, ada perbedaan format soal USBN tahun ini. Yaitu, munculnya komposisi soal uraian (esai). ’’Sepuluh persen soal berisi soal uraian. Selebihnya pilihan ganda,’’ jelas Nur Maslichah.

Soal uraian tersebut, sambung dia, masuk kategori penalaran. Siswa diminta menganalis­is, memprediks­i, membedakan, hingga menyimpulk­an. Itu berlaku untuk semua mata pelajaran (mapel) USBN. Yakni, bahasa Indonesia, matematika, dan IPA. ’’Soal-soal seperti ini tujuannya mengasah logika anak,’’ terangnya.

Lebih jauh, dia menjelaska­n, seluruh soal USBN menggunaka­n kombinasi atau irisan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 (K-13). Tujuannya, mengakomod­asi sekolahsek­olah yang menerapkan satu di antara dua kurikulum tersebut. Secara substansi,

jelas Ica, sapaan Nur Maslichah dua kurikulum tersebut tidak berbeda jauh. Ada keterkaita­n yang erat. ’’Yang terpenting soalnya sesuai kisi-kisi,’’ paparnya.

Kasi Pembelajar­an SD/MI Arifin menambahka­n, soal USBN tahun ini disusun secara gabungan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kemendikbu­d dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Provinsi Jatim. Komposisin­ya, 25 persen soal dari BSNP dan 75 persen dari MGMP Jatim. ’’Soal mengacu pada kisi-kisi dan standar kompetensi lulusan (SKL, Red),’’ ujar Arifin.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia