Jawa Pos

Kembali Bertugas, Tuju Pulau Sapeken

Pelayaran Ketiga RS Terapung Ksatria Airlangga

-

SURABAYA – Rumah Sakit Terapung (RST) Ksatria Airlangga berlayar lagi. Jika sebelumnya memberikan pelayanan kesehatan di Pulau Bawean dan Pulau Kangean, kali ini RST Ksatria Airlangga akan menuju destinasi baru, yaitu Pulau Sapeken, Madura.

Kemarin (1/5) upacara pelepasan rumah sakit yang berbentuk kapal itu dilakukan di pelabuhan dekat kantor Syahbandar Tanjung Perak. Kegiatan yang mengusung tema

Bakti Sapeken tersebut merupakan kerja sama dengan

Investree. ’’Ini merupakan CSR pertama kami bersama RST Ksatria Airlangga,’’ papar Dr Amirrudn, co-founder Investree.

Kegiatan yang berlangsun­g 1–7 Mei itu diselengga­rakan karena banyak penduduk pulau-pulau kecil seperti Sapeken kesulitan mendapatka­n pelayanan kesehatan yang memadai. Fenomena itulah yang kemudian membuat mereka tergerak. ’’Akhirnya kami bersama-sama membangun pemerataan dan kemudahan akses fasilitas kesehatan di Indonesia,” tambahnya. Harapannya, prog- ram tersebut juga bisa menginspir­asi dan memotivasi banyak orang untuk bisa membantu mewujudkan akses kesehatan yang memadai untuk semua kalangan. ’’Jadi, kunjungan ke pulau-pulau tidak hanya berhenti sampai di sini,’’ sambungnya. Ketua Yayasan Ksatria Medika Airlangga Dr dr Christijog­o Sumartono SpAn (KAR) menyambut bantuan dari pihak Investree itu secara positif. ’’Kami sangat bersyukur bisa menyatukan misi yang sama-sama berbasis inklusif,’’ paparnya.

Dia menjelaska­n, misinya berdasar kepada kesehatan yang wajib dimiliki seluruh lapisan rakyat Indonesia. ’’Dengan begitu, generasi yang kontributi­f dan tangguh bisa tercipta,’’ ucap Christijog­o dalam sambutanny­a tersebut.

Dia sangat berharap agar adanya gerakan sosial seperti itu bisa mengundang banyak pihak untuk sadar dan peduli akan masyarakat di luar sana yang membutuhka­n bantuan medis yang memenuhi. Khususnya di pulau-pulau terpencil.

Pelayaran yang ketiga itu diikuti tim dokter dari berbagai macam spesialis. Total, 43 orang yang dilibatkan dalam misi Bakti Sapeken tersebut. Dokter-dokter itu gabungan dari dokter spesialis bedah umum, spesialis bedah plastik, spresialis anastesi, spesialis obgyn, dan spesialis penyakit dalam. Juga spesialis anak, spesialis jantung, spesialis THT, spesialis gigi dan mulut, spesialis ortopedi, spesialis mata, dokter umum, perawat, serta petugas administra­si.

 ??  ??
 ??  ?? PERALATAN LENGKAP: Christijog­o Sumartono (kiri) menunjukka­n salah satu fasilitas kesehatan yang digunakan di RST Ksatria Airlangga.
PERALATAN LENGKAP: Christijog­o Sumartono (kiri) menunjukka­n salah satu fasilitas kesehatan yang digunakan di RST Ksatria Airlangga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia