Jawa Pos

Kembangkan Candi-Buduran Jadi Perkotaan

-

SIDOARJO – Kota Delta semakin padat. Perumahan, gedung perkantora­n, serta pertokoan terus tumbuh. Hampir tidak ada lagi lahan kosong di wilayah perkotaan. Pemkab berencana melebarkan kawasan perkotaan. Pusat kota tidak hanya berada di Kecamatan Sidoarjo, tetapi meluas ke Kecamatan Candi dan Buduran.

Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Agoes Boedi Tjahjono menyatakan, dua kecamatan itu dipilih karena sejumlah alasan. Pertama, letaknya berdekatan dengan pusat kota. Kecamatan Candi, misalnya. Wilayah tersebut berbatasan dengan Kecamatan Sidoarjo. Tepatnya, di Jalan Majapahit. Sementara itu, batas Kecamatan Buduran adalah flyover Jenggolo. ’’Dua kecamatan tersebut sudah terasa kota,’’ ujarnya.

Selain itu, di dua kecamatan tersebut, masih banyak lahan yang kosong. Pemkab bisa memanfaatk­an lahan itu untuk menarik investor. Antara lain, perumahan, jasa, dan pertokoan. ”Letaknya strategis dekat dengan kota,” ungkapnya.

Untuk mengembang­kan dua kecamatan itu, pemkab akan menyiapkan sejumlah fasilitas. Antara lain, akses seperti Jalan Lingkar Timur (JLT) serta Jalan Lingkar Barat (JLB). Pembanguna­nnya bakal dikebut sehingga tuntas sebelum 2021.

Fasilitas lain ialah air bersih. Mantan asisten II itu menjelaska­n, setiap hunian dan kantor baru pasti membutuhka­n air. Sebagai solusinya, pemkab akan menyiapkan pembanguna­n saluran ke Buduran dan Candi. ”Airnya dari Umbulan. Tahun depan mengalir,” katanya.

Sementara itu, Sekda Sidoarjo Achmad Zaini menuturkan bahwa pembanguna­n dua kecamatan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pengembang­an wilayah, tetapi juga pemerataan pembanguna­n. Pemkab berharap pusat keramaian tidak hanya berada di jantung kota. ”Kecamatan lain seperti Candi dan Buduran juga harus berkembang,” ungkapnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SUDAH PADAT: Pemandanga­n dari atas kawasan Perumahan Taman Pinang Indah kemarin. Pengembang­an perkotaan akan diarahkan ke Candi atau Buduran.
BOY SLAMET/JAWA POS SUDAH PADAT: Pemandanga­n dari atas kawasan Perumahan Taman Pinang Indah kemarin. Pengembang­an perkotaan akan diarahkan ke Candi atau Buduran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia