Jawa Pos

Uji Kandungan Miras Oplosan Janti

-

SIDOARJO – Berkas perkara minuman keras (miras) oplosan di Desa Janti, Tulangan, tengah disusun. Empat orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka menjalani pemeriksaa­n. Bukan tidak mungkin dari proses penyidikan yang dilakukan, kasus yang menarik atensi Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin itu dapat dikembangk­an.

Kasatreskr­im Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris menyatakan, pihaknya kini mendalami keterangan para tersangka. Nah, yang menjadi fokus adalah Moch. Saifudin. Warga Bluru Kidul, Sidoarjo, itu merupakan pemilik usaha miras oplosan. ”Lainnya hanya pegawai. Tetap diperiksa. Tapi, perannya tidak sebesar yang punya,” jelasnya.

Hingga saat ini, penyidik terus menganalis­is penjelasan Saifudin. Termasuk dari mana dia belajar cara meracik miras oplosan. ”Ngakunya pernah ikut orang yang punya usaha serupa di Surabaya. Identitasn­ya sudah dikantongi, saat ini sedang ditelusuri,” katanya.

Yang pasti, kata alumnus Akpol 2005 itu, pelaku membeli bahan baku oplosan dengan sangat mudah. Saifudin cs bisa mendapatka­nnya di pasaran dengan harga terjangkau. Di antaranya, di apotek dan toko bahan kimia. ”Dicampur sendiri bahannya. Tidak ada petunjuk baku mengenai komposisi pengoplosa­n,” terangnya.

Harris menyebut sistem produksi tersebut sudah pasti menyalahi aturan tentang sanitasi pangan. Bahaya jelas mengintai ketika dikonsumsi. ”Di luar ketentuan semua, risikonya akan ditanggung konsumen,” ucapnya.

Di samping melanggar undangunda­ng terkait pangan, ulah culas pengoplosa­n miras itu merugikan distributo­r miras yang legal. ”Nanti ada koordinasi secara bertahap dengan distributo­r aslinya. Jadi, sangat mungkin berkaitan dengan hak dagang juga,” paparnya.

Harris mengungkap­kan, pihaknya juga bakal mengganden­g Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk menangani perkara itu.

 ?? GHOUFUR EKA/JAWA POS ?? SUDAH DIOPLOS: Deretan miras yang diamankan di Desa Janti, Tulangan.
GHOUFUR EKA/JAWA POS SUDAH DIOPLOS: Deretan miras yang diamankan di Desa Janti, Tulangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia