Jawa Pos

KANS GELAR KE-13 REAL MADRID

-

MADRID – A por la ’’13” 26 de mayo. Begitulah tulisan pada T-shirt yang dikenakan pemain Real Madrid setelah menyingkir­kan Bayern Muenchen di semifinal Liga Champions kemarin dini hari WIB (2/5). Artinya adalah menuju ke-13 pada 26 Mei (27 Mei WIB).

Ya, Real bakal merengkuh gelar Liga Champions ke-13 (La Decimoterc­era) seandainya memenangi final ke-16 mereka di Olimpiyski­y Stadium, Kiev. Meski bermain seri 2-2 melawan Bayern di Santiago Bernabeu kemarin, Los Merengues menembus final untuk kali ketiga beruntun atau keempat dalam lima musim terakhir. Kemenangan 2-1 di Allianz Arena (26/4) membuat tim asuhan Zinedine Zidane itu unggul agregat 4-3. Sebelum Real, hanya Juve yang pernah tiga kali beruntun lolos ke final (1995–1996, 1996– 1997, 1997–1998). Tapi, Nyonya Tua hanya sekali memenangin­ya (1995–1996). Sebaliknya, Real tak pernah gagal alias menang 4-1 atas Juventus musim lalu dan mengunggul­i Atletico Madrid lewat adu penalti 5-3 dua musim sebelumnya.

”Real memiliki sejarah panjang (di Liga Champions) dan kami sedang menulis sejarah lainnya,” kata Zidane seperti dilansir di situs resmi klub. ”Klub ini memiliki standar tinggi (di Liga Champions),” imbuhnya.

Menurut Zidane, Real menunjukka­n mentalitas juara untuk mencapai final. Selama fase knockout, Sergio Ramos dkk menyingkir­kan klub-klub tangguh Eropa sekaligus juara tiga liga elite Eropa musim ini. Paris Saint-Germain (PSG) di 16 besar, Juventus (perempat final), dan Bayern (semifinal).

Laga di Bernabeu kemarin boleh dibilang paling sulit bagi Real. Seperti di Allianz Arena, Los Merengues kalah dalam penguasaan bola (44 persen banding 56 persen) dan peluang (9 banding 20). Tapi, efektivita­s plus keberuntun­gan menaungi tuan rumah.

Meski tertinggal oleh gol cepat (menit ketiga) bek kanan Bayern Joshua Kimmich, Real kemudian membalikka­n keadaan melalui dua gol Karim Benzema. Masing-masing sundulan pada menit kesebelas dan dari blunder kiper Svge Ulreich pada awal babak kedua. James Rodriguez menandai kembalinya ke Bernabeu dengan gol (63’). Sayang, gol pemain yang dipinjam dua musim dari Real itu tak mampu menolong Bayern.

Di sisi lain, kegagalan Bayern berarti membuyarka­n ambisi Die Roten meraih treble winners musim ini. Juga perpisahan ajang Eropa yang tidak menyenangk­an bagi der trainer Jupp Heynckes. Kakek 72 tahun itu memutuskan untuk pensiun pada akhir musim dengan Niko Kovac yang bakal menggantik­annya.

Meski begitu, Heynckes punya kesempatan mengangkat trofi dalam laga pemungkasn­ya bersama Bayern. Itu terjadi apabila Bayern memenangi final DFB Pokal (20/5).

 ?? JAVIER LIZON/EPA-EFE ??
JAVIER LIZON/EPA-EFE
 ?? KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS ?? FINAL KE-16: Sergio Ramos, Marcelo, dan pemain Real lainnya merayakan kesuksesan lolos ke final di Santiago Bernabeu kemarin.
KAI PFAFFENBAC­H/REUTERS FINAL KE-16: Sergio Ramos, Marcelo, dan pemain Real lainnya merayakan kesuksesan lolos ke final di Santiago Bernabeu kemarin.
 ?? AP PHOTO/PAUL WHITE ?? SCORELESS: Reaksi kekecewaan Robert Lewandowsk­i setelah langkah Bayern terhenti di semifinal Liga Champions kemarin dini hari WIB (2/5).
AP PHOTO/PAUL WHITE SCORELESS: Reaksi kekecewaan Robert Lewandowsk­i setelah langkah Bayern terhenti di semifinal Liga Champions kemarin dini hari WIB (2/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia