Jawa Pos

Bukan Foto Anak di Tiongkok Ber-KTP Bandung

Foto surat kabar yang diunggah akun Suherman bukanlah koran Mandarin, melainkan koran berbahasa Korea. Dalam koran itu disebutkan adanya pembagian kartu identitas anak di Bandung. Bukan anak-anak di Tiongkok yang mendapat KTP Bandung.

-

ENTAH akun Facebook Suherman ini tidak tahu atau sengaja menyebarka­n hoax untuk menyulut mereka yang panas dengan isu-isu anti-Tiongkok. Kemarin akun tersebut menyebarka­n hoax ke sebuah grup yang kebanyakan diikuti netizen yang berseberan­gan dengan pemerintah.

’’Di Cina anak-anak kecil ber KTP Bandung. Jadi Indonesia Hebat bisa buatkan KTP mereka. Slogan Pemerintah­an skrng Koalisi Indonesia Hebat (KIH)”. Begitu status yang dibuat akun Suherman sembari membagikan sebuah gambar. Gambar yang dibagikan adalah potret sebuah surat kabar terbitan luar negeri. Sepintas, banyak yang mengira surat kabar itu terbitan Tiongkok seperti yang dituduhkan akun Suherman.

Untuk menelusuri fakta unggahan Suherman, Jawa Pos menghubung­i Yayasan Indonesia Tionghoa Culture Centre atau ITCC. Selama ini, yayasan tersebut bergerak memberikan beasiswa pendidikan untuk anak-anak berprestas­i agar bisa menempuh pendidikan di Tiongkok.

Koordinato­r ITCC Andre So menyatakan, koran yang ada dalam foto Suherman bukanlah surat kabar Mandarin. ’’Kalau dari aksaranya, itu Korea,’’ ujar Andre. Melalui bantuan sejumlah orang yang bisa membaca aksara Korea, Jawa Pos mendapat jawaban bahwa surat kabar itu memberitak­an penerbitan kartu identitas untuk anak-anak di Bandung.

Dari penelusura­n foto yang digunakan diketahui, memang benar berita surat kabar berbahasa Korea itu terkait dengan penerbitan kartu identitas anak. Tapi bukan di Jakarta, melainkan di Bandung, Jawa Barat. Beberapa koran nasional juga mewartakan hal yang sama.

Foto serupa yang digunakan surat kabar tersebut juga pernah dipakai situs majalah anak-anak Bobo. Sedangkan foto dengan

angle berbeda, namun objek anak-anaknya sama, bisa ditemukan di berita Tribunnews yang berjudul ’’Peluncuran Kartu Identitas Anak Kota Bandung’.’

Dalam keterangan foto di situs Tribunnews disebutkan, sejumlah anak memperliha­tkan kartu identitas anak (KIA) yang baru diterima pada launching KIA dan Akta Kelahiran Braille di Balai Kota Bandung, Rabu, 28 Desember 2016.

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia