Jawa Pos

Dorong Pembentuka­n Bank Wakaf

-

PASURUAN – Untuk memberdaya­kan pengusaha skala kecil, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong dan memfasilit­asi pembentuka­n lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) bank wakaf mikro (BWM) di beberapa pondok pesantren di Jatim. Saat ini ada enam BWM.

”Bank wakaf mikro menjadi salah satu upaya mengatasi kemiskinan dan ketimpanga­n,” ujar Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan dan Perizinan OJK Kantor Regional 4 Kuswandono dalam media gathering OJK KR 4 kemarin. Acara itu dibuka Kepala Kantor Regional 4 Jawa Timur OJK Heru Cahyono.

Melalui BWM, masyarakat kurang mampu yang memiliki usaha kecil atau menengah bisa meminjam uang tanpa harus memikirkan beratnya cicilan. Hingga 2018, jumlah BWM akan ditambah sepuluh BWM. Jumlah itu menambah 20 BWM yang saat ini sudah berdiri. Penambahan BWM akan tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Di sisi lain, industri perbankan di Jatim menunjukka­n pertumbuha­n yang positif. Itu terlihat dari total aset yang mencapai Rp 566,6 triliun atau tumbuh 9 persen (yoy). Pertumbuha­n itu lebih tinggi daripada pertumbuha­n nasional yang mencapai 7,96 persen, dengan pangsa pasar terhadap nasional 7,55 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia