Jawa Pos

Dekorasi Rumah Kreasi Sendiri

Untuk mempercant­ik huniannya yang bergaya minimalis, Deni Pancasari dan suami memilih material natural seperti kayu, rotan, dan bebatuan. Pasangan ini berkolabor­asi membuat kreasi dekorasi dan pernik pengisi rumah.

-

BERKUNJUNG ke kediaman pasangan Deni Pancasari dan Sungkono Bayu Aji yang berada di kawasan Pondok Gede, Kota Bekasi, ini terasa sekali sentuhan personal sang pemilik rumah. Dari depan sudah terlihat berbeda dengan rumah-rumah tetangga kompleks. Bentuk bangunan tidak diubah. Penataan interiorla­h yang membuatnya terlihat unik.

Taman cantik menuju teras dengan dua kursi rotan berwarna biru menjadi penyambut tamu. Area teras itu tak luput dari kreasi Deni. Kursi yang semula berwarna natural dicat biru muda.

Wall decor bikinan sendiri, kemudian wadah pot gantung pun karya suami.

Masuk ke ruang tamu yang hangat dengan sofa ala Jepang hasil hunting ke perajin di Jepara. Aroma etnik tampak pada cover bantal sofa. Yang mencuri perhatian adalah hiasan talenan sebagai pajangan dinding. Talenan itu kreasi Deni. ”Bikinan sendiri terasa lebih personal dan beda sama yang lain,” tutur Deni, lantas tersenyum.

Ibu dua anak, Radita, 10, dan Mizan, 4, tersebut memang hobi mengutak-atik sesuatu jadi pernik cantik. Sebagai penanda di tiap ruang, Deni mengaplika­sikan wallpaper dengan motif yang berbeda. Mulai ruang tamu, ruang antara, hingga ruang tengah.

Berlanjut ke ruang tengah yang merupakan area utama pada rumah itu. Terasa lapang dan nyaman. Ruang keluarga, ruang makan, dan taman indoor yang ditata dengan apik menghadirk­an suasana sejuk.

Nuansa putih berpadu dengan abu-abu, cokelat, dan hijau. Salah satu pencuri perhatian di ruang tengah adalah penggunaan bata ekspos pada dinding belakang TV. ”Ini ditempel sendiri pakai semen, saya dan suami yang ngerjain,” ucapnya. Deni mengingat, selama dua setengah tahun tinggal di rumah tersebut, dirinya belum pernah menggunaka­n jasa tukang karena semua dikerjakan berdua.

Mereka suka membeli material kayu jati belanda untuk kemudian dirangkai menjadi perabot sesuai kebutuhan. Di antaranya, rak, kitchen set, atau wadah pot gantung. ”Kadang dapat warna serat kayunya beda-beda. Tapi, justru jadi aksen unik,” lanjutnya.

Master bedroom dan kamar si sulung terletak di lantai 2. Kamar utama memadukan abu-abu dan putih dengan wallpaper bermotif garis vertikal. Karpet menambah cozy ruang beristirah­at itu. Headboard tempat tidur bikinan Deni sendiri. ”Ini waktu masih rajin menjahit,” ucapnya, lantas tersenyum.

Di sampingnya, kamar Radita yang girlie dengan nuansa pink. Spot tersebut menjadi favorit temanteman Radita ketika main ke rumah. Untuk dindingnya, Deni mengaplika­sikan wall sticker.

Ada pula sew and craft room tempat Deni menghasilk­an kreasi pernik-pernik. Ruangan itu memiliki balkon mungil yang dihias dengan pot gantung dan rumput sintetis.

Di lantai 2 juga terdapat musala. Pajangan kaligrafi pada dindingnya serta sliding door dari kayu menuju ruang laundry merupakan hasil kerajinan tangan Deni. Memang, hampir semua ornamen di rumah tersebut merupakan karya sang pemilik.

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? LAPANG: Bata ekspos diposisika­n pada dinding belakang TV di ruang tengah. Taman indoor yang ditata dengan apik menghadirk­an suasana sejuk.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS LAPANG: Bata ekspos diposisika­n pada dinding belakang TV di ruang tengah. Taman indoor yang ditata dengan apik menghadirk­an suasana sejuk.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? BEDA MOTIF: Meski menyatu dengan ruang tengah, ruang makan didominasi warna cokelat. Pembeda lain, motif wallpaper.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS BEDA MOTIF: Meski menyatu dengan ruang tengah, ruang makan didominasi warna cokelat. Pembeda lain, motif wallpaper.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? SUDUT IBADAH: Hiasan dinding pada musala juga hasil kerajinan tangan nyonya rumah.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS SUDUT IBADAH: Hiasan dinding pada musala juga hasil kerajinan tangan nyonya rumah.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ??
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? PINKY: Kamar si sulung Radita bernuansa pink. Di kamar ini diaplikasi­kan wall sticker.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS PINKY: Kamar si sulung Radita bernuansa pink. Di kamar ini diaplikasi­kan wall sticker.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? RINGKAS: Kamar utama memakai warna abuabu dan putih. Wallpaper bermotif garis vertikal menghindar­kan ruang tidur dari kesan pucat.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS RINGKAS: Kamar utama memakai warna abuabu dan putih. Wallpaper bermotif garis vertikal menghindar­kan ruang tidur dari kesan pucat.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? RUANG KREASI: Sew and craft room tempat Deni menghasilk­an kreasi pernik-pernik. Foto bawah, di bagian luar terdapat balkon yang dihias dengan pot gantung dan rumput sintetis.
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS RUANG KREASI: Sew and craft room tempat Deni menghasilk­an kreasi pernik-pernik. Foto bawah, di bagian luar terdapat balkon yang dihias dengan pot gantung dan rumput sintetis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia