Jawa Pos

Tak Libatkan Inggris

WASIT VAR

-

VIDEO assistant referee (VAR) sudah diterapkan di Inggris musim ini. Howard Webb, wasit yang jadi manajer VAR di Major League Soccer (MLS), juga berasal dari Inggris. Namun, di Rusia nanti, Komisi Wasit FIFA tak melibatkan satu pun wasit VAR dari Inggris. Itu melengkapi nestapa wasit Inggris yang tak masuk susunan 36 wasit dan 63 asisten wasit yang dipanggil FIFA sebelumnya.

Padahal, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sudah punya Neil Swarbrick yang biasa bertugas sebagai wasit VAR bersama Peter Kirkup. Dalam rilisnya, FIFA menunjuk 13 wasit khusus VAR. Sembilan di antaranya berasal dari Eropa. Italia paling mendominas­i dengan tiga wasit VAR.

Jerman dan Portugal masing-masing mengirim dua wakil. Sementara itu, dua wasit lain datang dari Belanda dan Polandia. Empat wasit yang lain berasal dari Brasil, Argentina, Bolivia, dan Qatar.

FIFA punya alasan mengapa tak ada wasit Inggris yang dipanggil. ’’Kriteriany­a dari penggunaan VAR untuk kompetisi domestik,’’ terang FIFA.

Sebab, Inggris belum mengaplika­sikannya di Premier League. FA hanya mengaplika­sikan VAR di laga-laga Piala FA dan Piala Liga. ’’Begitu pun penilaian pada beberapa seminar yang melihat pengetahua­n VAR mereka, dari skill-nya menerapkan sistem itu,’’ tambah FIFA.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia