Jawa Pos

Jerez Jadi Ujian Pertama Marquez

-

JEREZ – Setelah mendominas­i MotoGP Amerika Serikat, Marc Marquez kembali berdiri tegak sebagai penantang terkuat dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Memasuki seri Eropa di Jerez akhir pekan ini, bintang Repsol Honda itu bakal menghadapi ujian pertama. Banyak pembalap yang dengan senang hati ingin melibasnya.

Sirkuit Austin adalah trek yang dibangun untuk balapan Formula 1. Karakterny­a memang sangat pas dengan Marquez. Trek lurus panjang, lebih banyak tikungan ke kiri, dan hairpin yang mengalir menjadi kekuatan sang juara bertahan. ’’(Austin) ini adalah kombinasi dia (Marquez) dan motor. Di beberapa tikungan, dia melarikan diri. Saya tidak sabar ingin segera ke Eropa,’’ kata pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales.

Vinales tak berlebihan. Sebab, Eropa menawarkan perbedaan yang bisa jadi bertolak belakang dengan Austin. Banyak trek di Eropa yang berkaraker sempit dan bertikunga­n ketat. Pembalap dipaksa lebih sering mengubah arah motor dengan cepat dan lebih sering melakukan manuver pengereman. Pendeknya, trek Eropa, seperti Jerez yang bakal dikunjungi akhir pekan ini, lebih menguji skill pembalap ketimbang kehebatan motor.

Balapan di Eropa juga menawarkan balapan yang lebih kompetitif. Tahun lalu empat pembalap berbeda memenangi lima seri pembuka di Benua Biru. Marquez harus menunggu sampai seri keenam di Eropa, yakni di MotoGP Jerman, untuk merebut kemenangan. Namun, kemenangan di Austin telah membuatnya tersenyum lebar. ’’Saya merasa begitu ’manis’ di atas motor saya,’’ kata Marquez.

Jerez akan menjadi ujian pertama bagi Marquez. Bukan hanya ketangguha­nnya, melainkan juga agresifita­snya di lintasan. Di MotoGP Argentina, dua manuver berbahaya Marquez berbuah penalti. Pengawas balapan telah mengultima­tum, sekali lagi dia mengulang manuver berbahaya sampai menjatuhka­n pembalap lain, penalti lebih keras sampai diskualifi­kasi siap dijatuhkan.

 ??  ??
 ?? MOTOGP ?? TANGGUH: Juara bertahan MotoGP dari tim Repsol Honda Marc Marquez bakal mendapatka­n tantangan berat saat seri MotoGP menuju Eropa mulai pekan depan.
MOTOGP TANGGUH: Juara bertahan MotoGP dari tim Repsol Honda Marc Marquez bakal mendapatka­n tantangan berat saat seri MotoGP menuju Eropa mulai pekan depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia