Jawa Pos

Polisi Amankan Dua WN Tiongkok Lagi

Pemeriksaa­n Terkendala Bahasa

-

DENPASAR – Pelaku kejahatan siber yang melibatkan 103 warga negara (WN) Tiongkok bertambah dua orang. Kemarin (2/5) Polda Bali menangkap dua pelaku baru. Keduanya WN Tiongkok. Hingga kemarin polisi belum memulai pemeriksaa­n lebih dalam.

”Hari ini (kemarin, Red) kami berkoordin­asi dengan Konsulat Tiongkok karena kami akan melakukan penahanan. Kami berharap pemerintah Tiongkok mengetahui bahwa ada warganya yang tersangkut hukum di Polda Bali,” terang Dirreskrim­sus Polda Bali Kombespol Anom Wibowo.

Pihaknya juga akan meminta Kepolisian Tiongkok di Beijing untuk melakukan kroscek sekaligus investigas­i. Sebab, korbannya merupakan WN Tiongkok. ”Imigrasi hari ini juga kami libatkan untuk pendataan sekaligus kami mau menanyakan dokumen imigrasi,” tuturnya.

Sejauh ini, ada penambahan dua pelaku yang berjenis kelamin laki-laki. Dengan demikian, total WNA Tiongkok yang ditangkap berjumlah 105 orang. ”Untuk pelaku, ada penambahan dua orang di Jl Gatot Subroto I. Yang kebetulan saat penangkapa­n, keduanya sedang keluar dari koskosan,” jelasnya. ”Tersangka kami tahan. Kami buatkan laporan polisi sambil menunggu join dari Kepolisian Tiongkok. Semalam ada pemeriksaa­n. Tapi, karena jumlahnya besar, jadi belum selesai-selesai,’’ lanjutnya.

Pihaknya mengakui belum bisa memeriksa terlalu dalam para pelaku cyber fraud tersebut karena terkendala bahasa. Polisi membutuhka­n penerjemah. ”Ini juga masih awal untuk menentukan siapa otaknya.”

Kasubdit II Ditreskrim­sus AKBP Agung Kanigoro Nusantoro menyampaik­an, penambahan dua pelaku tersebut memperjela­s bahwa dari TKP Jl Gatot Subroto I Nomor 9A, ada kelebihan dua paspor yang diamankan. Untuk itu, pihaknya masih mencocokka­n dengan TKP lain.

 ?? ADRIAN/JAWA POS RADAR BALI ?? KEJAHATAN SIBER: Polisi menggiring warga negara Tiongkok yang ditangkap di Mengwi, Badung, Bali (1/5).
ADRIAN/JAWA POS RADAR BALI KEJAHATAN SIBER: Polisi menggiring warga negara Tiongkok yang ditangkap di Mengwi, Badung, Bali (1/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia