Jawa Pos

SMA Surabaya Dominasi Peringkat 10 Besar Jatim

SMAN 5 Moncer Prestasi

-

SURABAYA – Prestasi membanggak­an berhasil diraih SMA negeri/ swasta di Surabaya. Sekolah-sekolah itu menempati ranking perolehan hasil nilai unas di Jatim. Lima SMA di Surabaya bertengger di 10 besar rata-rata nilai tertinggi bidang studi IPA dan IPS.

Untuk jurusan IPA, ada empat SMA di Surabaya yang masuk kategori 10 besar. Yakni, SMAN 5, SMA Xin Zhong, SMA Katolik St Louis 1, SMA Kristen Elyon Surabaya. Untuk kategori IPS, ada SMAN 5, SMA Kristen Elyon, SMA Katolik St Louis 1, dan SMAN 6 Surabaya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Surabaya Sukaryanth­o mengatakan bahwa keberhasil­an tersebut merupakan hasil kerja keras para guru dan siswa

Nilai tersebut menjadi bukti bahwa seluruh yang terlibat dalam pelaksanaa­n unas telah berjuang.

Untuk mempersiap­kan unas, misalnya. Sejak jauh-jauh hari, dispendik mengimbau para guru agar giat berlatih pengayaan materi. ”Sudah diinstruks­ikan agar semua sekolah mempersiap­kan unas sebaik-baiknya,” tuturnya.

Bukan hanya sekolah. Sukaryanth­o juga mengapresi­asi semangat siswa dalam mengerjaka­n unas. Sebab, tahun ini soal yang diujikan dalam unas juga tergolong sulit. Menggunaka­n model soal high order thinking skill (HOTS).

Sementara itu, Kepala SMAN 5 Sri Widiati berbangga dengan prestasi yang dicapai anak didiknya. Sebab, untuk jurusan IPA dan IPS, SMAN 5 masuk kategori tiga besar. ”Ini prestasi yang luar biasa,” jelasnya.

Untuk IPA, SMAN 5 Surabaya masuk peringkat pertama. Nilai rata-rata siswa mencapai 81,90. Untuk IPS, SMAN 5 masuk peringkat kedua. Nilai rata-rata siswa mencapai 81,41.

Widi mengatakan bahwa prestasi tersebut diperoleh sekolah lantaran SMAN 5 memiliki target dalam pembelajar­an. Yakni, menjunjung budaya mutu di sekolah. ”Target tersebut terus kami kejar. Tidak asal jalan,” terangnya.

Misalnya, dalam mengerjaka­n soal latihan unas. Selain terus giat berlatih secara teratur, setiap latihan yang dijalani siswa terus dievaluasi. Sekolah rajin menganalis­is setiap soal. Mana saja materi yang kurang mampu dikuasai siswa. Mana pula yang mudah dikerjakan mereka.

Widi mengatakan, dalam peringkat nilai tersebut, lima siswa SMAN 5 Surabaya masuk kategori nilai tertinggi 10 besar di Jatim. Perinciann­ya, empat siswa di jurusan IPA dan satu siswa di jurusan IPS.

Dari semua siswa yang tercatat itu, Widi mengatakan bahwa seluruhnya saat ini sudah diterima di perguruan tinggi negeri. Melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). ”Ada yang di Unair, ITB, dan UI,” tuturnya.

 ?? FOTO: DIPTA WAHYU/JAWA POS, GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS ?? KONSENTRAS­I: Para siswa SMAN 10 Surabaya ketika mengerjaka­n soal ujian nasional pada Senin (9/4).
FOTO: DIPTA WAHYU/JAWA POS, GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS KONSENTRAS­I: Para siswa SMAN 10 Surabaya ketika mengerjaka­n soal ujian nasional pada Senin (9/4).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia