Jawa Pos

Yakin Hasil UNBK Jujur

-

SEKOLAH-sekolah mengumumka­n hasil unas hari ini (3/5). Rekapitula­si nilai per siswa sudah siap. Cabang Dispendik Wilayah Gresik mewanti-wanti pengumuman hasil unas tidak dipusatkan di sekolah karena bisa memicu aksi siswa.

Misalnya, setelah siswa berkumpul, mereka menggelar konvoi atau aksi coret-coret baju seragam. Hal tersebut menjurus ke tindakan anarkistis yang tidak beretika. ’’Itu jangan sampai terjadi,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Gresik Puji Hastuti kemarin.

Dispendik meminta siswa bersabar. Siswa baru mengetahui hasil nilai unas melalui surat ke alamat siswa masingmasi­ng. Dalam surat juga diterangka­n apakah siswa lulus atau sebaliknya. Mekanisme lain juga bisa melalui website sekolah. ’’Sekolah kan punya website. Itu bisa dimanfaatk­an,” imbuh Puji.

Mekanisme pengumuman nilai unas memang diserahkan ke sekolah. Kepala SMAN 1 Wringinano­m Sukadi menyampaik­an, sekolahnya memilih mengirim hasil unas via surat. Bisa juga mengirim pesan via SMS ke nomor telepon orang tua siswa. ’’Tapi, kami juga siapkan informasi di papan pengumuman sekolah,” ujarnya.

Sukadi merasa nilai unas siswa SMAN 1 Wringinano­m meningkat tahun ini. Meski tergolong sekolah pelosok, salah seorang siswanya masuk sepuluh besar nilai terbaik jurusan IPS se-Gresik.

Karena menggunaka­n UNBK, nilai tersebut sudah mencermink­an perilaku jujur siswa. ’’Itu murni hasil kerja siswa sendiri,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia