Jawa Pos

Asah Kerja Sama dengan Permainan Menantang

-

SURABAYA – Banyak target yang ingin didapatkan saat mengikuti games. Tidak lagi hanya mencari kesenangan, namun juga memacu adrenalin. Tujuan lainnya, mengasah otak. Misalnya hal yang dilakukan Andrea, Johnson, Fauzi, dan Novia kemarin (2/5). Mereka mengikuti games Pandora Experience di Marvell City.

’’Seru dan tegang,’’ ungkap Andrea. Dia mengaku sudah beberapa kali mencoba permainan itu. Namun, tetap saja ketagihan untuk mencoba lagi. Hal senada diungkapka­n Fauzi. Dia menceritak­an pengalaman setelah bermain. ’’Banyak teka-teki yang tidak terduga. Kami harus kerja sama untuk memecahkan­nya,’’ ungkapnya. Sampai terakhir keluar pintu, Fauzi masih ingat betul setiap momen saat melintasi labirin permainan.

Fauzi dkk berhasil menyelesai­kan permainan selama 59 menit. Beda tipis dengan waktu normal yang telah ditentukan, yakni 60 menit. Fauzi dkk memilih episode Secrets of the Lost Tribe. Episode itu termasuk tema ekspedisi. Pemain diberi kode-kode di sekitarnya untuk membuka pintu hingga akhir. Kerja sama antaranggo­ta tim dibutuhkan dalam menyelesai­kan permainan tersebut. Kalau satu pemain saja tidak mampu bekerja sama, satu kelompok sulit atau bahkan gagal menemukan pintu keluar.

Secrets of the Lost Tribe adalah satu di antara empat episode baru di Pandora Experience. Tiga judul lainnya adalah The Hollow, Shutter Asylum, dan The Descent. Setiap episode memiliki cerita yang berbeda. Tantangan dan tingkat kesulitan yang dihadapi para pemain juga tidak sama. ’’Banyak temanya, ada juga yang punya cerita horor. Tapi tetap sama, para pemain harus memecahkan teka-teki,’’ jelas Michael Timotius, founder Pandora.

Michael melanjutka­n, escape game itu memiliki batas waktu 1–2 jam. Permainan diharapkan dilakukan secara berkelompo­k, mulai 4–8 orang. Ada tim yang memantau dari luar. Pemain dapat mengambil keputusan menyerah apabila tidak mampu memecahkan tantangan. ’’Tidak ada batasan usia. Karena semuanya menuntut komunikasi antaranggo­ta tim,’’ terangnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? UJI WAWASAN: Sejumlah pengunjung bermain memecahkan kode kotak Pandora di Marvell City kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS UJI WAWASAN: Sejumlah pengunjung bermain memecahkan kode kotak Pandora di Marvell City kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia