Jawa Pos

Pilkades Tiga Desa Masih Bermasalah

Pelantikan Kades Terpilih Tetap 9 Mei

-

SIDOARJO – Puluhan kepala desa yang terpilih Maret lalu dilantik pada 9 Mei nanti. Namun, masih ada tiga desa yang bermasalah. Yakni, Desa Klantingsa­ri, Tarik; Desa Sidokepung, Buduran; dan Desa Trosobo, Taman. Di tiga desa tersebut, masih ada sengketa.

Tanggal pelantikan itu sudah ditetapkan pemkab. Ada 70 Kades terpilih yang akan dikukuhkan Bupati Saiful Ilah di Pendapa Delta Wibawa. Meski ada potensi ricuh, terutama di tiga desa tersebut, pemkab tidak akan mengubah tanggal pelantikan.

Kabid Pemerintah­an Desa Dinas Pemberdaya­an Masyarakat Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana (PMD P3A KB) Pemkab Sidoarjo Probo Agus Sunarno menjelaska­n, sejauh ini belum ada perubahan tanggal pelantikan Kades.

Menurut Probo, dua di antara tiga desa yang masih bermasalah sudah melayangka­n gugatan. Di Desa Sidokepung, misalnya. Samsul Hadi, salah seorang calon yang gagal bertarung dalam pilkades, merasa tidak puas. Di Desa Trosobo, calon bernama Supriyadi menolak hasil pilkades dengan mengajukan gugatan ke PTUN. Adapun di Desa Klantingsa­ri, calon Suherno Widiyanto juga tidak menerima hasil pemilihan. ”Rencananya, Klantingsa­ri juga menggugat ke PTUN,” jelasnya.

Probo mengatakan, pemkab siap menghadapi gugatan-gugatan tersebut. Menurut dia, panitia desa serta pemkab tidak melakukan kesalahan. ’’Semua sudah sesuai prosedur,’’ ungkapnya.

Jajaran kepolisian tidak menampik adanya potensi gejolak saat pelantikan Kades. Sebagai langkah antisipasi, petugas akan dikerahkan ke desa-desa tersebut. ”Tentu pengamanan akan kami jalankan sesuai prosedur,” kata Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Edi Santoso.

Setiap penjagaan yang dilakukan polisi, lanjut dia, sudah memiliki standar masing-masing. Begitu juga pengamanan pilkades. Baik pada saat pencoblosa­n maupun pelantikan. ”Untuk saat ini, jumlah personel belum bisa dipastikan. Menunggu rapat akhir,” jelasnya.

Mantan Kabagops Polres Nganjuk itu menambahka­n, semua desa yang menyelengg­arakan pilkades akan dijaga. Lokasi utama yang menjadi perhatian adalah balai desa.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? OPERASI PATUH SEMERU: AKBP Aris Yudha Legawa menggunaka­n speed gun di jalan tol kilometer 26 kemarin.
EDI SUSILO/JAWA POS OPERASI PATUH SEMERU: AKBP Aris Yudha Legawa menggunaka­n speed gun di jalan tol kilometer 26 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia