Jawa Pos

Tambah Ruangan untuk Percepat Pelayanan

-

SIDOARJO – Kantor dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (dispendukc­apil) nyaris tidak pernah lengang. Setiap hari ratusan warga mengantre di ruang pelayanan. Bahkan, antrean pemohon membeludak hingga di luar ruang pelayanan.

Sulis Herawati, salah seorang warga, mengantre di depan ruang pelayanan. Perempuan 45 tahun itu berniat mengurus akta kelahiran anak keduanya. ’’Di dalam penuh. Jadi menunggu di sini,’’ ucap warga Buduran tersebut.

Kepala Dispendukc­apil Sidoarjo Medi Yulianto menjelaska­n, antrean warga itu disebabkan beberapa hal. Pertama, jumlah pemohon administra­si kependuduk­an terus bertambah. Misalnya, perekaman dan cetak e-KTP. ’’Setiap hari bisa mencapai 300 pemohon,’’ ujarnya.

Pemohon akta kelahiran dan akta kematian juga tinggi. Per hari ada 150 pemohon. Belum lagi ditambah pencetakan surat keterangan (suket). Pengurus kertas pengganti sementara e-KTP itu sekitar 150 orang per hari.

Medi menuturkan, sebenarnya dispendukc­apil sudah memiliki solusi. Caranya, mendelegas­ikan sebagian kewenangan dispendukc­apil ke kecamatan. Untuk perekaman e-KTP dan pencetakan suket, bisa datang ke kecamatan. Sayangnya, imbauan tersebut belum berjalan maksimal. Masih banyak warga yang datang ke dispendukc­apil. ’’Warga ingin cepat dapat suket,’’ ungkapnya.

Ke depan, dispendukc­apil bakal membenahi pelayanan. Langkah pertama, membangun kantor. Ruang pelayanan akan diperluas. Bangunan pendapa di halaman depan bakal dirobohkan. ’’Kami bangun ruang pelayanan,’’ katanya.

Selain itu, pihaknya menunggu penuntasan mal pelayanan publik di Gedung Sidoarjo Community Center (GSCC). Medi menyatakan, setelah pembanguna­n, dispendukc­apil bakal membagi pelayanan. Mal pelayanan publik akan melayani sembilan kecamatan. ’’Sembilan kecamatan lainnya tetap di kantor (dispendukc­apil),’’ jelasnya.

 ?? ARISKI/JAWA POS ?? SELALU RAMAI: Warga mengantre di kantor dispendukc­apil.
ARISKI/JAWA POS SELALU RAMAI: Warga mengantre di kantor dispendukc­apil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia