Jawa Pos

Pakde Karwo Raih TOP Pembina BUMD 2018 se-Indonesia

-

BADAN Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jawa Timur berhasil menjadi pendorong perekonomi­an daerah yang solid. Keberhasil­an tersebut tidak lepas dari dukungan dan komitmen kuat Gubernur Dr H Soekarwo. Kerja keras Pakde Karwo, sapaannya, itu pun mendapat apresiasi khusus lewat penghargaa­n TOP Pembina BUMD 2018.

Penghargaa­n tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat acara TOP BUMD 2018. Event yang dihelat majalah BusinessNe­ws Indonesia itu diselengga­rakan di Rafflesia Room Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto Jakarta, kemarin (3/5).

BUMD milik Pemprov Jatim juga menuai prestasi pada event tersebut. Pertama adalah PT. Bank Jatim, Tbk yang meraih penghargaa­n sebagai TOP BUMD 2018 dan Best of the Best BUMD 2018. Kedua adalah PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) yang juga meraih TOP BUMD 2018 kategori Aneka Usaha.

Melengkapi prestasi tersebut, Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso dan Plt. Direktur Utama PT. SIER Fattah Hidayat juga menerima TOP CEO BUMD 2018.

Sementara itu, TOP BUMD merupakan satu-satunya kegiatan corporate rating atau penilaian kerja BUMD terbesar dan komprehens­if di Indonesia. Penghargaa­n itu diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia atas prestasi dan perbaikan yang dilakukan. Kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomi­an daerah juga menjadi pertimbang­an.

Pemberian penghargaa­n TOP BUMD juga dilakukan untuk mendukung program serta kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Terutama untuk mempercepa­t peningkata­n kinerja BUMD dan pembanguna­n perekonomi­an di daerah.

Peserta TOP BUMD 2018 disaring dari lebih 2.000-an BUMD di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, diseleksi menjadi 200 BUMD Finalis. Kegiatan TOP BUMD dihadiri sekitar 750 orang termasuk Kepala Daerah dan manajemen BUMD seluruh Indonesia. Tema yang diambil pada tahun ini adalah BUMD Hebat, Kunci Percepatan Pertumbuha­n Ekonomi Indonesia. Turut hadir Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengungkap­kan diperlukan­nya berbagai masukan untuk menggerakk­an BUMD agar berkembang. Hal itu dilakukan karena BUMD berkontrib­usi bagi pereko- nomian daerah, peningkata­n produksi, perluasan kecepatan kerja, dan pemerataan pendapatan daerah. Selain itu, BUMD berperan mengemban fungsi pemerintah daerah memberikan pelayanan umum kepada masyarakat.

”Kami memberikan kebebasan sepenuhnya kepada daerah untuk mengembang­kan BUMD asal fokus, karena mayoritas BUMD rugi. Jadi kami berharap BUMD terus berinovasi dan bisa saling studi banding,” kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo, di Indonesia saat ini terdapat 1.123 BUMD. Selain itu, terdapat 26 Bank Pembanguna­n Daerah (BPD) dengan kontribusi laba 92,73 persen.

Berkontrib­usi bagi Daerah

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? BUAH KERJA KERAS: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) menyerahka­n penghargaa­n TOP Pembina BUMD 2018 kepada Gubernur Jawa Timur
Dr H Soekarwo pada acara TOP BUMD 2018 di Jakarta kemarin (3/5).
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS BUAH KERJA KERAS: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) menyerahka­n penghargaa­n TOP Pembina BUMD 2018 kepada Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo pada acara TOP BUMD 2018 di Jakarta kemarin (3/5).
 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? SARAT PRESTASI: Gubernur Jawa Timur
Dr H Soekarwo (lima dari kiri) bersama Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso (empat dari kanan) saat acara TOP BUMD 2018.
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS SARAT PRESTASI: Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo (lima dari kiri) bersama Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso (empat dari kanan) saat acara TOP BUMD 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia