Jawa Pos

Target Pembanguna­n 100 Persen Tercapai

-

SIDOARJO – Berakhir sudah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 di Desa Penatar Sewu, Tanggulang­in. Kemarin (3/5) program tahunan itu resmi ditutup. Selama satu bulan, prajurit TNI bergotong royong dengan warga memperbaik­i infrastruk­tur desa.

Seperti saat pembukaan, penutupan dilaksanak­an di lapangan Desa Penatar Sewu. Sebanyak 275 peserta TMMD ikut dalam upacara tersebut. Tampak hadir Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli, Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, dan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin. Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI I.N.G Sudihartaw­an Bertindak sebagai pembina upacara.

Menurut Fadli, dalam TMMD, ada empat pembanguna­n. Yakni, jalan penghubung antara Desa Penatar Sewu dan Banjar Asri, saluran pembuangan, rehab dan paving SDN Penatar Sewu, serta pemenuhan saluran air bersih. Selain itu, ada sasaran fisik tambahan berupa pembanguna­n saluran permukiman desa dan jamban. ”Sudah 100 persen,” ucapnya.

Ada pula sasaran overpresta­si. Yakni, membangun rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak tiga unit. Fadli menyatakan, TMMD tidak hanya bertujuan untuk pembanguna­n. Program itu juga merupakan salah satu upaya mendekatka­n TNI dengan rakyat. ’’Sasaran kegiatan nonfisik, setiap hari anggota juga selalu menggelar salat berjamaah dengan warga,’’ ungkapnya.

Sudihartaw­an menyatakan, program TMMD telah berjalan lancar. Kegiatan tersebut adalah wujud kepedulian TNI kepada warga. Selain menjaga kedaulatan negara, TNI harus bisa menyatu dengan lingkungan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia