Jawa Pos

Simulasi Tangani Bencana di Lombok

-

MATARAM – Sejak Jumat (4/5) berlangsun­g Multilater­al Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 di Mataram, NTB. Event dua tahunan itu menjadi salah satu ajang kekompakan angkatan laut (AL) yang mewakili lima benua

Sebanyak 43 negara partisipan tergabung bersama 35 kapal perang melaksanak­an latihan bersama fase laut (sailing pass) di perairan timur Bali kemarin (8/5).

Iring-iringan kapal perang berbagai tipe membentuk barisan dengan latar belakang pemandanga­n elok Gunung Rinjani. Flypass sejumlah pesawat AL juga melengkapi formasi di atas perairan saat latihan bersama nonperang itu.

Koordinato­r Bidang Latihan Fase Laut MNEK 2018 Kolonel Laut (P) Dato Rusman mengungkap­kan, dalam latihan disimulasi­kan terjadi bencana alam di Lombok. Sejumlah negara merespons secara cepat dengan mengirim bantuan langsung ke lokasi bencana. ”Bantuan ini kami kumpulkan dalam satu organisasi,” ujarnya.

Selain menguji kekompakan partisipan, lanjut Dato, latihan tersebut dilakukan untuk menunjukka­n kemampuan andal TNI-AL. Matra laut itu terbukti tangguh saat berpartisi­pasi menjaga keamanan maritim dunia. Itu dibuktikan dengan menerjunka­n sekitar 40 kapal perang Indonesia (KRI), 18 pesawat, dan sekitar 5.500 personel TNI-AL.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PRESISI: Kapal perang dan pesawat partisipan MNEK 2018 membentuk barisan saat formasi photo exercise dari pesawat CASA NC-212 di perairan timur Bali kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PRESISI: Kapal perang dan pesawat partisipan MNEK 2018 membentuk barisan saat formasi photo exercise dari pesawat CASA NC-212 di perairan timur Bali kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia