Jawa Pos

Guyonan April Mop Bandara Pakistan Dikira Benar

-

GUYONAN yang dibuat saat April Mop 2017 soal bandara baru di Islamabad, Pakistan, yang diberi nama Xi Jinping ternyata membuat sejumlah orang di Indonesia terpeleset. Mereka percaya bahwa itu sebuah kebenaran. Termasuk Menteri Koordinato­r Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan.

Kepada sejumlah media, Luhut pernah menyayangk­an sejumlah masyarakat di Indonesia yang menilai negatif kerja sama pembanguna­n proyek infrastruk­tur antara pemerintah Indonesia dan Tiongkok. Dia lantas mencontohk­an pemerintah Pakistan yang sampai berani mengorbank­an nama proyeknya dengan brand Tiongkok. Misalnya, bandara baru di Islamabad yang diberi nama Xi Jinping Airport.

Menurut Luhut, hal itu dilakukan Pakistan sebagai bentuk strategi bisnis. Sebab, pemerintah Pakistan tak perlu mengeluark­an banyak uang untuk pembanguna­nnya. Apalagi bandara tersebut tetap milik Pakistan dan 10 tahun mendatang namanya bisa diubah lagi.

’’Biarin aja namanya yang penting ini milik kita. Nanti kan 10 tahun milik kita lalu ganti nama. Ini Pakistan. Kita belum ada apa-apa sudah ramai,’’ kata Luhut sebagaiman­a dikutip dari JawaPos. com, Kamis 1 Februari 2018.

Bukan hanya JawaPos.com. Sejumlah media mainstream lainnya memberitak­an hal yang sama. Bahkan, ada media yang menyebutka­n, cerita soal penamaan bandara Xi Jinping itu didapat Luhut dari Presiden Joko Widodo.

Eh, beberapa bulan setelah berita itu muncul di sejumlah media, ternyata banyak netizen yang membongkar fakta sebenarnya. Kabar soal penamaan bandara Xi Jinping di Islamabad tersebut hanya bagian dari April Mop.

Sebagaiman­a diketahui, April Mop atau yang biasa disebut April Fools Day yang diperingat­i pada 1 April merupakan hari ketika orang dianggap sah berbohong. Tapi sekadar sebagai lelucon.

Kabar palsu soal penamaan bandara Xi Jinping itu kebanyakan didapatkan netizen dari media lokal Pakistan, Tribune.com.pk. Pada 1 April 2017, media tersebut menurunkan tulisan berjudul New Islamabad Airport to be named Xi Jinping Airport. Ketika itu, banyak orang yang teperdaya. Mengira berita itu asli dan langsung melontarka­n kritik.

Kalau membaca utuh berita Tribune tersebut, mungkin pembaca tak akan tertipu. Sebab, di bagian akhir tulisan, Tribune membuat meme berformat GIF yang menegaskan bahwa berita tersebut hanya bagian dari April Mop.

Dikutip dari berita TheNews.com. pk, Penasihat Perdana Menteri Sardar Mahtab Khan menyatakan, bandara Islamabad tak diberi nama yang terkait dengan pribadi seseorang. ’’Nama resminya Bandar Udara Internasio­nal Islamabad (Islamabad Internatio­nal Airport, IIAP),’’ ujar Sardar kepada The News. Bandara itu baru diresmikan 3 Mei 2018.

Kabar soal bandara Islamabad yang diberi nama Xi Jinping Airport hanya lelucon bagian dari April Mop. Nama sebenarnya Islamabad Internatio­nal Airport (IIAP).

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia