Jawa Pos

Subsidi Listrik Rumah Tangga

-

MENINDAKLA­NJUTI keluhan Saudara Nur Kholis yang berjudul Minta PLN Cek Langsung di Pembaca Menulis edisi 17 April, pada hari yang sama petugas melakukan pengecekan di lapangan. Diperoleh fakta bahwa Saudara Nur Kholis mewakili saudaranya, Sri Ismiati, yang berkeberat­an terhadap pembayaran tarif listrik 900 VA dengan ID pelanggan 5180409828­38 atas nama Kusnan.

Pelanggan beralamat di Dusun Beton, Desa Tritunggal, RT 5, RW 3, Kecamatan Babat, Lamongan. Saudari Sri telah diberi penjelasan mengenai golongan tarif pelanggan existing, yaitu R1M/900 VA. Itu merupakan golongan tarif rumah tangga yang tidak termasuk rumah tangga miskin dan tidak mampu.

Berdasar hasil pengecekan nomor induk kependuduk­an (NIK) pelanggan pada KTP dan KK, pelanggan belum terdaftar pada Basis Data Terpadu Tim Nasional Percepatan Penanggula­ngan Kemiskinan (BDT TNP2K) dalam Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) PLN.

Petugas telah menginform­asikan kepada pelanggan perihal mekanisme penanganan pengaduan kepesertaa­n subsidi tarif tenaga listrik untuk rumah tangga miskin dan tidak mampu berdasar Permen ESDM 29/2016. Pelanggan juga telah diberi formulir pengaduan kepesertaa­n subsidi listrik untuk rumah tangga.

Selanjutny­a, pelanggan disarankan untuk mengisi formulir pengaduan subsidi listrik tepat sasaran (SLTS) untuk diteruskan kepada pihak desa/kelurahan dan kecamatan terkait. Saudari Sri pun mendapatka­n penjelasan mengenai tata cara pengecekan progres pengaduan kepesertaa­n subsidi di http://subsidi.djk.esdm.go.id.

Pelanggan dapat menerima penjelasan tersebut dan menyampaik­an terima kasih atas kedatangan petugas PLN. Bapak Nur Kholis juga sudah kami hubungi via telepon.

IRSYAM ASRI PUTRA,

Manajer Rayon Babat PT PLN Area Bojonegoro

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia