Jawa Pos

Tiongkok Siap Boyong Investor ke Indonesia

- MUKAS KULUKI SALMAN MUHIDDIN IMAM HUSEIN

SUZHOU – Tiongkok membuka kesempatan seluas-luasnya bekerja sama dengan pemdapemda di Indonesia. Suzhou, misalnya. Daerah industri modern di sebelah barat Shanghai tersebut siap membantu mengembang­kan sejumlah kawasan di tanah air.

”Kami berupaya membawa investor dari sini untuk berinvesta­si di Indonesia. Sudah ada komunikasi untuk itu dengan sejumlah pemerintah daerah di Indonesia,” ujar Wakil Direktur Kantor Penerangan Kota Suzhou Chen Gao tadi malam (8/5).

Suzhou berkembang pesat dari daerah pertanian menjadi kawasan industri maju sejak investasi dari Singapura masuk pada 1994. Sejumlah daerah di Kalimantan Laporan dari Suzhou

menjadi jujukannya.

Banyak kawasan potensial yang bisa dikembangk­an di wilayah itu. Namun, hingga kini, hubungan antardaera­h belum terikat sebagai sister city.

Gao menjelaska­n, rencana itu sedang dirancang. Mereka tinggal menunggu waktu untuk mengikat kerja sama tersebut. Pemerintah setempat juga membuka peluang kerja sama dengan berbagai kota di Indonesia.

Satu dekade belakangan perkembang­an kota berpendudu­k 12 juta itu memang sangat pesat. Sebanyak 4.277 perusahaan asing sudah menanamkan modalnya di kota yang dijuluki Venesia dari Timur tersebut. Beberapa di antaranya adalah Microsoft hingga Samsung.

Perencanaa­n kota yang sangat matang membuat investor tertarik datang. Di daerah timur kawasan itu terdapat area perkantora­n dengan landmark gedung-gedung pencakar langit. Kawasan industri ada di timur. Di selatan terdapat pusat penelitian. Teknologi nano hingga obat pencegah kanker dikembangk­an di kawasan tersebut. Sementara itu, di daerah utara kota tersebut terdapat kawasan wisata modern dan tradisiona­l.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? MODERN: Suasana Suzhou, kota industri di Tiongkok yang berjuluk Venesia dari Timur, kemarin.
IMAM HUSEIN/JAWA POS MODERN: Suasana Suzhou, kota industri di Tiongkok yang berjuluk Venesia dari Timur, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia