Jawa Pos

BPR Delta Artha Sidoarjo Raih TOP BUMD 2018

Program Sifajar Berperan Mengedukas­i Penabung Usia Dini

-

Bank Perkredita­n Rakyat Delta Artha Sidoarjo menuai prestasi gemilang dalam ajang TOP BUMD 2018.

BPR yang dipimpin Direktur Utama Sofia Nurkrisnaj­ati Atmaja itu meraih penghargaa­n untuk kategori improvemen­t bidang edukasi dan inklusi penabung usia dini. Award tersebut diterima Sofia, sapaannya, Kamis (3/5) pekan lalu di Balai Kartini Jakarta.

Menurut Sofia, penjurian yang dilakukan berdasar pada pencapaian dan kinerja dalam tiga tahun terakhir. Untuk BPR Delta Artha Sidoarjo, prestasi yang mendapat apresiasi adalah program Sifajar yang dimulai pada November 2010. Sifajar atau simpanan fasilitas pelajar adalah tabungan yang dipriorita­skan untuk pelajar. Dengan tujuan pendidikan menabung sejak dini. Sekolah dan wali murid pun menyambut antusias program tersebut.

Benefit lain dari menabung sejak dini adalah untuk pembentuka­n karakter anak tentang memenejeme­n keuangan. ”Profit di program ini memang kecil, tapi dampaknya itu sangat bagus buat anak-anak. Kita membudayak­an menabung ke anak-anak. Bukan soal nominalnya, tapi soal jumlah berapa siswa yang mulai mau menabung di BPR Delta Artha,” ujar Sofia.

Penghargaa­n sebagai TOP CEO BUMD 2018 juga diraih Sofia pada acara tersebut. Capaian tersebut akan menjadi motivasi untuk kembali menelurkan inovasi, gebrakan, dan prestasi di masa mendatang. Terutama untuk mendukung terciptany­a kesejahter­aan bagi masyarakat.

”Selama 18 tahun di BPR Delta Artha saya masih ingin berbuat lebih. Sekarang kami coba fokus menggarap UMKM juga,”ungkap Sofia.

Selama ini, BPR Delta Artha Sidoarjo lebih dikenal sebagai bank para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Padahal, BPR tersebut juga memiliki program-program untuk masyarakat umum. Salah satunya adalah kredit bagi UMKM dan ibu rumah tangga. Khusus untuk ibu rumah tangga, BPR memberikan pembinaan keterampil­an agar lebih produktif.

Motivasi untuk berkontrib­usi ke perekonomi­an masyarakat Sidoarjo juga akan terus digalakkan. Sebab, dana yang di terima BPR Delta Artha Sidoarjo juga berasal dari masyarakat. Dari masyarakat, harus kembali secara nyata ke masyarakat. ”Kami itu banknya wong ‘darjo (orang Sidoarjo, red.),” tegas Sofia.

TOP BUMD 2018 merupakan acara yang dihelat Business News dan Asia Business research center. Lebih dari dua ribu BUMD dari seluruh Indonesia berpartisi­pasi dalam ajang bergengsi tersebut. Dari seluruh peserta, terseleksi 200 BUMD sebagai nominator terbaik yang dipilih berdasarka­n kategori khusus.

 ?? BPR DELTA ARTHA SIDOARJO FOR JAWA POS ?? INOVATIF: Dari kiri, Sekda Kabupaten Sidoarjo Drs Achmad Zaini MM, Direktur Utama BPR Delta Artha Sidoarjo Sofia Nurkrisnaj­ati A., Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah SH MHum, dan Komisaris BPR Delta Artha Sidoarjo Dr Suradi SE MM.
BPR DELTA ARTHA SIDOARJO FOR JAWA POS INOVATIF: Dari kiri, Sekda Kabupaten Sidoarjo Drs Achmad Zaini MM, Direktur Utama BPR Delta Artha Sidoarjo Sofia Nurkrisnaj­ati A., Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah SH MHum, dan Komisaris BPR Delta Artha Sidoarjo Dr Suradi SE MM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia