Jawa Pos

Akhir Ujian Kesempurna­an

-

BARCELONA – Barcelona berada di ambang kesempurna­an musim ini. Hingga jornada ke35, Barca belum tersentuh kekalahan di La Liga. Nah, di antara tiga lawan tersisa Barca musim ini, Villarreal merupakan tim dengan ranking

terbaik. Villarreal berada di posisi keenam klasemen, Levante posisi ke

16, dan Real Sociedad peringkat ke-11. So, jika bisa melewati hadangan Villarreal di Camp Nou dini hari nanti, Barca diprediksi semakin mendekati rekor sempurna.

Apalagi, ambisi mencatat kesempurna­an itu juga selalu didengungk­an entrenador

Ernesto Valverde. Menurut Valverde, setelah laga sengit El Clasico Senin (7/5), timnya lebih solid. Pada laga dini hari nanti, hanya Sergi Roberto yang dipastikan absen karena skors.

’’Kami tentu mengingink­an rekor tak terkalahka­n terjaga sampai akhir musim. Kami sudah membuktika­n bahwa kami tim yang tak mudah menyerah dan itu sangat menakjubka­n,’’ tutur Valverde sebagaiman­a dikutip Marca kemarin.

Dia pernah berjanji mengistira­hatkan Lionel Messi setelah laga El Clasico. Valverde paham bahwa tenaga Messi dibutuhkan timnas Argentina di Piala Dunia 2018. Namun, Messi dikabarkan ngotot ingin tetap diturunkan. Sebab, dia masih berambisi meraih sepatu emas alias top scorer

Eropa. Saat ini Messi mengoleksi 33 gol di La Liga. Dia unggul satu gol dari pesaing dekatnya, Mohamed Salah (Liverpool). ’’Dia (Messi, Red) selalu ingin memberikan kontribusi buat tim,’’ ujar Valverde.

Di sisi lain, entrenador Villarreal Javier Calleja sebagaiman­a diberitaka­n EFE optimistis bisa memberikan noda pertama buat Barca. Calleja ingin membalas kekalahan dalam pertemuan pertama di Stadion de la Ceramica pada 10 Desember lalu.

’’Kami sangat termotivas­i setiap bertemu Barca. Mereka adalah tim terhebat di kompetisi ini. Dan, buat kami, menyamai rekor tak kalah mereka rasanya mustahil,’’ ucap Calleja. ’’Namun, rekor sempurna Barca itu menjadi tantangan buat kami,’’ tambah pria 39 tahun itu.

Villarreal memang kerap menyulitka­n tim raksasa pada laga away. Dalam dua laga away melawan duo tim ibu kota, Atletico dan Real Madrid, Villarreal bisa mencuri poin. Pada 28 Oktober, di Stadion Wanda Metropolit­ano, mereka menahan imbang Atleti dengan skor 1-1. Kemudian, ketika bermain di Santiago Bernabeu pada 13 Januari, Villarreal mempermalu­kan tuan rumah dengan skor 1-0.

’’Musim ini kami bisa kompetitif dengan tim papan atas La Liga. Meski harapan bermain di Liga Champions sudah pupus, kami tetap berjuang untuk Liga Europa musim depan,’’ kata Calleja.

Dia memberikan isyarat bahwa timnya akan melakukan pasillo di Camp Nou dini hari nanti. Calleja menyatakan, pencapaian Barca harus diapresias­i.

 ??  ?? GEBRAK: Luis Suarez meluapkan kegembiraa­n setelah membobol gawang Real Madrid di Camp Nou Senin lalu (7/5).
GEBRAK: Luis Suarez meluapkan kegembiraa­n setelah membobol gawang Real Madrid di Camp Nou Senin lalu (7/5).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia