Jawa Pos

Pakde Karwo Puji Sport Science

-

SURABAYA – Program sport science yang dijalankan KONI Jatim selama ini dianggap cukup berhasil meningkatk­an prestasi atlet. Gubernur Jawa Timur Soekarwo memberikan pujian khusus saat membuka rapat anggota KONI Jatim di Hotel Utami, Sidoarjo, kemarin.

Menurut Pakde Karwo, sapaan Soekarwo, pengembang­an olahraga tak bisa dilakukan hanya dengan mengandalk­an latihan fisik. Upaya meraih prestasi para atlet, lanjut dia, harus melalui perencanaa­n yang matang. Salah satunya dengan memperhati­kan faktor kecerdasan dan kesehatan para atlet sejak usia dini.

’’Ini menjadi basis dari revolusi mental. Ada hubungan yang tidak bisa dipisahkan antara badan sehat dan pikiran yang sehat,” jelasnya.

Selain itu, Pakde Karwo berharap atletatlet Jatim yang tampil di Asian Games (AG) 2018 bisa mempersemb­ahkan medali bagi Indonesia. ’’Saya yakin dengan semangat kejuangan luar biasa, berkibarny­a Merah Putih di Asian Games, 70 persennya berasal dari atlet Jatim,” katanya.

Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung mengatakan, pelaksanaa­n sport science di puslatda Jatim selama ini mendapat dukungan penuh dari pemprov. Tidak semua kepala daerah memiliki perhatian besar terhadap sektor olahraga. ’’Pakde Karwo ini membuat sektor olahraga bukan sekadar urusan orang berkeringa­t, tapi juga urusan strategis yang berkaitan dengan pembanguna­n generasi muda berkarakte­r,” katanya.

Pada acara kemarin, juga dilakukan penandatan­ganan MoU antara KONI Jatim dan BNN Provinsi Jatim dalam pencegahan penyalahgu­naan narkoba. Sebelumnya telah dilakukan tes urine kepada 350 atlet dan pelatih puslatda. Hasilnya, 100 persen negatif narkoba.

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM ?? DEMI OLAHRAGA: Gubernur Jatim Soekarwo (kanan) bersama Wakil Ketua Umum KONI Suwarno di Hotel Utami, Sidoarjo, kemarin.
HUMAS PEMPROV JATIM DEMI OLAHRAGA: Gubernur Jatim Soekarwo (kanan) bersama Wakil Ketua Umum KONI Suwarno di Hotel Utami, Sidoarjo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia