Jawa Pos

Uji Emisi Gratis Sasar Mobil Pribadi

-

SURABAYA – Dinas perhubunga­n mengadakan uji emisi gas buang kendaraan bulan ini. Kendaraan yang tidak lulus uji biasanya langsung ditilang. Namun, dalam uji emisi kali ini, kendaraan yang tidak lulus uji bisa mendapat keringanan. Bahkan mendapatka­n diskon untuk melakukan perawatan.

Hal berbeda lainnya, uji emisi itu juga tidak hanya ditujukan untuk angkutan umum dan angkutan barang dengan mesin diesel. ’’Kalau sekarang, semua kendaraan masuk. Prioritasn­ya lebih ke kendaraan pribadi,’’ tutur Kasi Pengendali­an dan Operasiona­l Dishub Surabaya Trio Wahyu Bowo kemarin (8/5). Mayoritas kendaraan pribadi menggunaka­n bahan bakar bensin.

Secara kasatmata, kendaraan pribadi memang tidak menghasilk­an gas buang yang tampak berbahaya. Namun, Trio menjelaska­n bahwa kendaraan berbahan bakar bensin juga punya risiko yang sama dengan bahan bakar solar. Malah bisa lebih banyak menimbulka­n efek buruk bagi kesehatan karena komponenny­a yang tidak terdeteksi mata telanjang. ’’Kalau yang berasap hitam, mungkin mengganggu pernapasan. Tetapi, yang bensin lebih banyak mengandung unsur seperti karbonmono­ksida yang bisa memicu kanker,’’ lanjutnya.

Pemkot bakal melaksanak­an uji emisi selama dua hari hingga hari ini. Kemarin uji emisi gratis tersebut dilaksanak­an di halaman balai kota. Pada hari kedua, dishub melayani pengendara di pelataran park and ride Jalan Mayjen Sungkono. Trio menambahka­n, karena program itu gratis, masyarakat diharapkan memanfaatk­annya.

 ?? DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS ?? DEMI UDARA BERSIH: Petugas sedang mengecek gas buang kendaraan di balai kota.
DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS DEMI UDARA BERSIH: Petugas sedang mengecek gas buang kendaraan di balai kota.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia