Jawa Pos

Buat Taman Sepanjang Jalan

-

SURABAYA – Pembanguna­n dan perluasan hutan kota di Pakal sedang berlangsun­g. Kemarin (8/5) petugas menggarap taman sepanjang 500 meter.

Kepala Seksi Pembanguna­n Kecamatan Pakal Eddy Purwanto mengatakan, upaya itu dilakukan untuk menarik pengunjung lebih banyak. Petugas lapangan Miskandar menambahka­n, perluasan taman masih sampai pada tahap pengurukan. ’’Yang diuruk ya di sepanjang jalan hutan Pakal. Kalau sudah selesai, baru ditanami bunga,’’ lanjutnya.

Kalau taman sudah semakin apik, pengunjung tidak akan bosan saat berjalan di sepanjang hutan. Sebab, selama ini yang ada hanya pemandanga­n pohon cemara. ’’Nanti kita lengkapi dengan tanaman konsumsi juga supaya pengunjung bisa menikmatin­ya,” ucapnya.

Memang, pengunjung hutan kota tidak seramai taman lain karena aksesnya agak sulit. Hutan tersebut berada di dalam perkampung­an. Selain itu, pengunjung harus melewati rel kereta yang tidak ada palang pintunya.

Mengenai hal itu, Eddy mengatakan bahwa pihaknya sudah pernah mengajukan jalur alternatif kepada dinas terkait. Menurut dia, jalan alternatif itu melalui Perumahan Benowo Indah ke arah barat menuju Kauman Benowo. ’’Dulu pernah disurvei kok pada 2011,” tuturnya. Eddy juga mengungkap­kan, hutan Pakal akan diperluas. Dari saat ini 12 hektare menjadi 22 hektare. ’’Tapi, masih perencanaa­n,’’ katanya. Sebab, untuk perluasan tersebut, pihaknya harus membebaska­n lahan terlebih dahulu.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI / JAWA POS ?? MAU DITANAMI BUNGA: Kepala Seksi Pembanguna­n Kecamatan Pakal Eddy Purwanto (kiri) dan Miskandar berada di lahan yang akan dijadikan taman.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI / JAWA POS MAU DITANAMI BUNGA: Kepala Seksi Pembanguna­n Kecamatan Pakal Eddy Purwanto (kiri) dan Miskandar berada di lahan yang akan dijadikan taman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia