Jawa Pos

Sharing Pengalaman Bareng Dubes AS

-

SURABAYA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr ngobrol akrab dengan 14 alumnus penerima beasiswa pendidikan di Amerika Serikat (AS) di Hotel Majapahit kemarin (8/5). Donovan mendengark­an dengan saksama semua pengalaman para peserta selama mengikuti program pendidikan di AS. Kedatangan Donovan ke Surabaya itu merupakan rangkaian hari kemerdekaa­n AS yang tepat jatuh pada 4 Juli mendatang.

’’Halo, apa kabar semuanya,” sapa Donovan. Dia mengaku senang dapat berbagi pengalaman bersama alumni penerima beasiswa di Surabaya. ’’Boleh kalian ceritakan pengalaman kalian selama di Amerika Serikat,” katanya. Salah seorang peserta, Dian Ika Riani, menunjukka­n lukisan Jembatan Suramadu kepada Donovan. Obrolan selanjutny­a semakin hangat dengan ditemani berbagai macam hidangan di meja.

Dengan sharing pengalaman tersebut, Donovan ingin mengetahui antusiasme warga Indonesia mengenyam pendidikan di AS. Berbagai macam beasiswa disediakan pemerintah AS untuk mempermuda­h warga Indonesia belajar ke AS. Dengan begitu, dia berharap jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar ke AS semakin meningkat.

Para peserta kemarin merupakan alumni dari tiga program beasiswa. Antara lain, Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI), Internatio­nal Visitor Leadership Program (IVLP), dan Youth Exchange and Study (YES). ’’Saya alumnus YSEALI. Sangat senang sekali bisa mengikuti program itu,” ucap Dian. Dia menyebut banyak pengalaman yang didapat. Teman juga semakin banyak.

Selain Dian, ada Sri Harini Wijayanti. Dia adalah alumnus penerima YES. ’’Saya menjalani pendidikan di AS selama satu tahun,” terang Sri. Selama di sana, dia tinggal di Missouri. ’’Host family di sana sangat ramah,” tuturnya kepada Donovan.

Beda orang beda pengalaman yang diperoleh. ’’Kalau saya banyak belajar tentang kebudayaan selama tinggal di sana,” ujar Uthia Estiane. Pengalaman di sana lantas diteruskan di Indonesia dalam program sosial.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? NGOBROL RINGAN: Duta Besar AS untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr (kanan) berdiskusi bersama alumni penerima beasiswa di Hotel Majapahit kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS NGOBROL RINGAN: Duta Besar AS untuk Republik Indonesia Joseph R. Donovan Jr (kanan) berdiskusi bersama alumni penerima beasiswa di Hotel Majapahit kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia