Jawa Pos

Tekan Angka Penganggur dengan Bursa Kerja

-

SIDOARJO – Angka penganggur di Kota Delta terbilang tinggi. Berdasar data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo, angka penganggur di Sidoarjo sekitar 4,9 persen atau 53 ribu. Pemkab berkomitme­n terus menekan angka tersebut.

’’Salah satu upaya untuk mengurangi penganggur lewat bursa kerja,’’ kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Karena itu, setiap tahun dinas tenaga kerja (disnaker) selalu menggelar agenda bursa kerja. Agendanya dua kali dalam setahun.

Tahun ini agenda pertama digelar kemarin (8/5) di Tennis Indoor GOR Delta. ’’Kali ini ada 55 perusahaan yang membuka lowongan di bursa kerja ini,’’ tutur Kepala Disnaker Sidoarjo Husni Thamrin.

Perusahaan yang ambil bagian dalam bursa kerja kali ini pun beraneka jenis. Ada perusahaan makanan, pembiayaan keuangan, perbankan, atau rumah sakit. Mayoritas pabrik atau perusahaan di Sidoarjo. Hanya lima yang berasal dari luar Kota Delta. Total, ada 2.890 lowongan yang tersedia.

Para pelamar pun sangat antusias mengikuti bursa kerja tersebut. Tak kurang dari 3.500 pelamar yang mengadu peruntunga­n di bursa kerja itu. ’’Melihat antusiasme yang melamar kerja, kami berharap semua lowongan terisi,’’ ujar Saiful. Dengan begitu, angka penganggur­an di Sidoarjo bisa semakin berkurang.

Pemkab, ucap Saiful, akan terus berupaya membantu para pencari kerja untuk mendapatka­n tempat kerja. ’’Selain lewat bursa kerja ini, disnaker juga akan terus mengabarka­n info lowongan kerja di tempat lainnya,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia