Jawa Pos

Minta Box Culvert HR Muhammad Dikebut

-

PROYEK pemasangan box culvert di Surabaya Barat memang sedang dikebut. Di Jalan HR Muhammad salah satunya. Banyak pihak berharap proyek yang dikerjakan sejak 2015 itu segera terselesai­kan.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya M. Machmud menyatakan, program pemasangan kotak beton tersebut dirancang sejak 2015 dan ditarget selesai 2017 lalu. Proyek itu bertujuan agar jalur tersebut tidak tergenang ketika hujan lebat. Dengan adanya pelebaran saluran, diharapkan daya tampung air semakin besar.

Box culvert itu dipasang memanjang ratusan meter. Dimulai dari kompleks pertokoan di sisi timur hingga mengarah ke barat, tepat di depan Masjid At Taqwa. Pengerjaan­nya dilakukan bertahap selama dua tahun.

Namun, waktu penyelesai­annya dari tahun ke tahun kurang tepat waktu. Dampaknya, kotak beton tersebut dibiarkan tergeletak di pinggir jalan sehingga membuat jalan menyempit dan mendulang kemacetan. ’’Pemkot kurang tegas dalam mengawasi rekanan,’’ terangnya.

Sejak dipasang 2015 lalu, masih ada sisa sekitar 50 meter pemasangan tersisa tahun ini. Sisa pembanguna­n itu tepat di muka pintu masuk Masjid At Taqwa Jalan HR Muhammad. ’’Sudah saya ingatkan berkali-kali karena kalau dibiarkan lambat begini kasihan warga,’’ paparnya.

Sebagaiman­a diberitaka­n, ada 15 proyek pemasangan box culvert yang dikerjakan sejak 2015. Box culvert tersebut dibangun di atas pedestrian. Belasan proyek itu tersebar di Surabaya. Tiga di antaranya dipasang di Surabaya Barat. Di antaranya, HR Muhammad, Jalan Darmo Permai Timur, dan Darmo Permai Selatan.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? SEJAK 2015: Potongan-potongan box culvert siap dipasang di Jalan HR Muhammad.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS SEJAK 2015: Potongan-potongan box culvert siap dipasang di Jalan HR Muhammad.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia