Jawa Pos

Uji Coba Traffic Light di Ngemplak

-

SURABAYA – Dinas Perhubunga­n (Dishub) Kota Surabaya melakukan uji coba traffic light di jalan simpang Ngemplak, Kecamatan Sambikerep, kemarin. Uji coba itu dilakukan untuk mencari formasi lampu hijau dengan volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut.

Tonny Tri –koordinato­r lapangan traffic light dishub– menyatakan bahwa uji coba itu menjadi salah satu cara untuk evaluasi sebelum normalisas­i traffic light di Jalan Ngemplak. Nanti, setelah uji coba tersebut, ada penyesuaia­n terkait dengan durasi lampu hijau.

Penyesuaia­n durasi bergantung jumlah kendaraan yang melintas di beberapa titik di persimpang­an. ’’Akan kami pantau dari empat titik jalan di persimpang­an itu, mencari volume kendaraan paling tinggi,’’ ucapnya kemarin.

Menurut Tonny, semakin banyak volume kendaraan, semakin lama pula durasi lampu hijaunya. Tujuannya, minimalkan kemacetan. ’’Untuk saat ini, durasinya (lampu hijau, Red) masih dibuat sama,’’ imbuhnya.

Evaluasi traffic light sendiri dilakukan setelah kurang lebih tiga minggu pasca pemasangan traffic light. Menurut Tonny, traffic light tidak bisa langsung digunakan setelah pemasangan. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus dipersiapk­an. Salah satunya, memasang mesin kontrol traffic light.

Wakil Divisi Keamanan Citraland Janggan Jagon menuturkan, uji coba tersebut diharapkan bisa membantu keteratura­n lalu lintas di jalan tersebut. Dirga Wijaya, seorang pengguna jalan, menyatakan, uji coba itu membuat dirinya tidak khawatir saat melintas di persimpang­an. ’’Apalagi saya, yang setiap hari melalui jalan tersebut,’’ ungkapnya.

 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? EFEKTIVITA­S: Traffic light di persimpang­an Ngemplak mulai dioperasik­an.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS EFEKTIVITA­S: Traffic light di persimpang­an Ngemplak mulai dioperasik­an.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia