Jawa Pos

Kader Sukolilo Baru Wakili Surabaya di Tingkat Provinsi

Bersaing dengan KPM dari Blitar dan Sampang

-

SURABAYA – Tri Eko Sulistiowa­ti menembus tiga besar lomba kader pemberdaya­an masyarakat (KPM) tingkat provinsi. Dia adalah KPM dari Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak. Tri menjadi wakil dari Surabaya yang bersaing dengan kader sosial dari Blitar dan Sampang untuk menjadi terbaik.

Kemarin (9/5) tim juri meninjau langsung hasil kerja kader sosial tersebut. Perubahan dari berbagai bidang berhasil dilakukan kader KPM di Kecamatan Bulak. KPM merupakan kader yang dibentuk untuk membantu permasalah­an di sekitar lingkungan kader itu. Di Surabaya, tercatat ada 300 KPM.

Ada lima bidang yang menjadi fokus kerja KPM. Yakni, pendidikan, kesehatan, ekonomi, budaya, dan lingkungan. Kemarin tim juri mendengar dan melihat langsung hasil kerja Tri. Salah satunya rumah Tri yang dijadikan sebagai lokasi pendidikan dan pemberdaya­an masyarakat. ’’Rumah saya digunakan untuk berbagai kegiatan. Misalnya, TPA, taman baca, dan posyandu lansia,’’ katanya.

Di bidang ekonomi, Tri banyak membantu UKM untuk mendapatka­n surat izin usaha perdaganga­n (SIUP) dari dinas perdaganga­n. Hasilnya, UKM di Sukolilo Baru bisa mengembang­kan bisnis dan usahanya lebih luas lagi. Dalam kunjungan tersebut, UKM yang didampingi Tri juga ikut dipamerkan.

KPM banyak memberikan sumbangsih untuk pemberdaya­an masyarakat. ’’Salah satu hasilnya adalah tempat daur ulang sampah di Sukolilo Baru yang menjadi barometer bagi kampung nelayan lainnya,’’ ujar Camat Bulak Suprayitno.

 ?? TRI EKO SULISTIOWA­TI FOR JAWA POS ?? BERI PENILAIAN: Tri Eko Sulistiowa­ti (kanan) mendamping­i juri lomba KPM tingkat provinsi Imam Chotib (dua dari kanan) meninjau salah satu UKM di Kantor Kecamatan Bulak kemarin.
TRI EKO SULISTIOWA­TI FOR JAWA POS BERI PENILAIAN: Tri Eko Sulistiowa­ti (kanan) mendamping­i juri lomba KPM tingkat provinsi Imam Chotib (dua dari kanan) meninjau salah satu UKM di Kantor Kecamatan Bulak kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia