Jawa Pos

Tertinggi Ketiga di Tiongkok

-

AKHIRNYA, Avengers: Infinity War

mendarat di Tiongkok. Blockbuste­r

terbesar 2018 itu pun dipastikan menambah pundi-pundi pendapatan berkali-kali lipat lagi. Ditayangka­n sejak Jumat (11/5), film besutan Joe dan Anthony Russo tersebut kemarin mengantong­i USD 76 juta atau setara dengan Rp 1,06 triliun.

Meski angkanya tampak tinggi, catatan itu ternyata masih kalah dari dua film lain. Salah satunya, The Fate of the Furious

yang tahun lalu langsung mengumpulk­an CNY 480 juta atau Rp 1,06 triliun pada hari pertama pemutaran. Lalu, film scifi

produksi Tiongkok-Hongkong Monster Hunt 2. Ia mencatat pemasukan CNY 547 juta atau Rp 1,2 triliun.

Jurnalis Forbes Scott Mendelson menjelaska­n, capaian film-film Avengers

di Tiongkok memang terbilang kurang menggembir­akan. Ibarat kembang api, pendapatan tinggi hanya berlangsun­g pada akhir pekan perdana. Pada pekan selanjutny­a, penurunann­ya terbilang drastis. Dia mencontohk­an Avengers: Age of Ultron (2015).

’’Pada akhir pekan debutnya, film itu berhasil mencatat USD 155,8 juta (Rp 2,173 triliun), tapi berakhir hanya dengan USD 240,1 juta (Rp 3,35 triliun),’’ paparnya.

Mendelson mengungkap­kan, tidak banyak film yang berhasil mempertaha­nkan pendapatan tinggi hingga tutup layar di Tiongkok. Di antara yang sukses itu, ada Transforme­rs: Age of Extinction (2014). Film tersebut dibuka dengan pendapatan akhir pekan USD 92 juta (Rp 1,28 triliun) dan mampu mengumpulk­an total USD 392 juta (Rp 5,47 triliun).

Dalam tiga hari ini, Infinity War diperkirak­an bisa meraup total USD 200 juta atau Rp 2,79 triliun di Tiongkok. Jika terpenuhi, hal itu tentu memengaruh­i performa film tersebut di box office global. Saat ini film yang dibintangi Robert Downey Jr dan Chris Evans itu sudah mengumpulk­an USD 1,275 miliar atau Rp 17,79 triliun, belum termasuk Tiongkok.

 ?? MARVEL STUDIOS ?? MASIH BERJUANG: Benedict Cumberbatc­h (kiri) dan Robert Downey Jr di Avengers: Infinity War. Jumat lalu film ini baru ditayangka­n di Tiongkok.
MARVEL STUDIOS MASIH BERJUANG: Benedict Cumberbatc­h (kiri) dan Robert Downey Jr di Avengers: Infinity War. Jumat lalu film ini baru ditayangka­n di Tiongkok.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia