Jawa Pos

Jaring Bakat Muda, Kuatkan Karakter

-

MALANG – Terobosan Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) melaksanak­an Gala Siswa Indonesia (GSI) 2018 membuat semakin banyak bakat muda sepak bola yang terpantau. Apalagi, Direktorat Pembinaan SMP serta Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berkolabor­asi dengan PSSI dan KONI.

Dalam pertanding­an tingkat SMP Kota Malang di Lapangan ASIFA, Kota Malang, kemarin, Mendikbud Muhadjir Effendy menyaksika­n laga SMP ASIFA melawan Kecamatan Klojen. Menteri Koordinato­r Bidang Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melakukan kickoff dalam laga itu. Sebelumnya, kickoff GSI telah dilakukan di beberapa kota/kabupaten, di antaranya Kota Blitar, Kabupaten Lombok Timur, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Gresik.

Pelatih timnas U-19 Indonesia sekaligus ambassador GSI Indra Sjafri dan pelatih Persela Lamongan Aji Santoso juga ikut memantau bakat-bakat muda yang bertanding. Di Malang, GSI 2018 melibatkan sekitar 3.000 siswa dari berbagai SMP. Tahun ini ada 8.200 sekolah se-Indonesia serta sekitar 144 ribu siswa terlibat dalam GSI.

Selain menjaring bakat muda, GSI sejalan dengan implementa­si penguatan pendidikan karakter sesuai Perpres 87/2017. Juga sesuai amanat Presiden Joko Widodo dalam Program Nawacita. ”Kita mulai gerakan revolusi mental dengan mengubah cara pikir, cara kerja, dan cara hidup. Lalu, dilanjutka­n dengan membangun karakter yang penuh integritas, etos kerja, dan gotong royong,’’ kata Puan.

Dalamsepak­bola,sportivita­sdankerja samamenjad­ipoinpenti­ngdalammem­bentuk karakter pemain muda. ”Bertanding­lahdengans­portif.Dalamkompe­tisi, menangatau­kalahituwa­jar,”lanjutmant­an ketua Fraksi PDIP tersebut.

Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaska­n, program itu bagus sebagai percontoha­n tingkat nasional. ”Ini tahun pertama untuk Gala Siswa Indonesia tingkat SMP. Akan terus kami tingkatkan menjadi tempat berlatih bagi bibit-bibit unggul sepak bola sejak dini,” jelasnya.

PenutupanG­SIKotaMala­ngjugamenj­adirangkai­anperingat­anHariPend­idikan Nasional. Sebelum pertanding­an yang dimenangiS­MPASIFA2-0atasKecam­atanKlojen,duamenteri­itumendapa­tkan sambutan meriah dengan atraksi drum band dan tarian tradisiona­l.

GSI merupakan kompetisi yang berjenjang, mulai level kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga nantinya level nasional. Event di Malang menggunaka­n sistem kompetisi dan juaranya Kecamatan Kedungkand­ang dengan koleksi 15 poin dan SMP ASIFA berada di urutan kedua dengan 12 poin.

Saya lihat ini kompetisi yang benar-benar bisa digunakan untuk melihat potensi anak. Sebab, dimulai dari kecamatan. Saya berharap bisa dipermanen­kan.” INDRA SJAFRI Pelatih timnas U-19 Indonesia

Ini tahun pertama untuk Gala Siswa Indonesia tingkat SMP. Akan terus kami tingkatkan menjadi tempat berlatih bagi bibit-bibit unggul sepak bola sejak dini.’’

MUHADJIR EFFENDY Mendikbud

Bertanding­lah dengan sportif. Sebab, dalam pertanding­an, ada menang dan ada yang kalah. Karena itu, terus tingkatkan kemampuan sehingga tahun mendatang terus berprestas­i.’’

PUAN MAHARANI Menko PMK

 ?? SUGENG DEAS/JAWA POS ?? BERKARAKTE­R: Menko PMK Puan Maharani melakukan kickoff Gala Siswa Indonesia level Kota Malang didampingi Aji Santoso di Lapangan ASIFA, Malang, kemarin.
SUGENG DEAS/JAWA POS BERKARAKTE­R: Menko PMK Puan Maharani melakukan kickoff Gala Siswa Indonesia level Kota Malang didampingi Aji Santoso di Lapangan ASIFA, Malang, kemarin.
 ?? SUGENG DEAS/JAWA POS ?? POTENSIAL: Pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri berfoto bersama para pemain Kecamatan Kedungkand­ang sebagai juara GSI level Kota Malang.
SUGENG DEAS/JAWA POS POTENSIAL: Pelatih timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri berfoto bersama para pemain Kecamatan Kedungkand­ang sebagai juara GSI level Kota Malang.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia